04 Januari 2021

Buah Tinggi Serat yang Baik untuk Kesehatan

DAFTAR ISI [Buka]
Makan buah tinggi serat sangatlah direkomendasikan buat Anda yang tengah jalankan diet turunkan berat badan. Buah kaya serat ini pula bagus buat menangani problem diare dan mengatur kolesterol tubuh.

Buah tinggi serat bagus untuk menangani problem pencernaan serta bagus untuk meningkatkan kesehatan badan.

Ada dua macam serat makanan yang dijumpai, yaitu serat yang dapat larut dan serat yang tak larut. Serat tidak menciptakan energi juga bukan termasuk nutrisi yang seutuhnya dapat diserap tubuh.

Meski demikian kehadiran serat pada makanan sangatlah bermanfaat. Diantaranya dalam memperlancar pencernaan, menyerap kolesterol badan, dan membuat kenyang lebih lama. Kekurangan serat makanan juga dapat sebabkan sakit.

Buah Tinggi Serat Baik Untuk Kesehatan

Ada beberapa macam makanan atau buah tinggi serat yang sebaiknya dimakan secara teratur untuk memelihara kesehatan. Anda dapat memilih buah kaya serat untuk Anda konsumsi, sebagaimana untuk diet atau menangani problem penyakit.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya konsumsi buah yang memiliki kandungan banyak serat dengan dipadukan atau bervariasi. Karena ini penting supaya gizi yang diserap badan lebih komplit. Mengkonsumsi buah tinggi serat tidak sekedar bagus untuk menghilangkan dan menangani problem pencernaan tetapi juga bagus buat memperhatikan kesehatan badan.  Berikut daftar buah kaya serat yang baik sekali dimakan teratur.

1. Buah Pepaya

Buah dengan bentuk lonjong berwarna hijau oranye dan dagingnya yang berwarna sedikit kemerahan ini mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Buah ini diyakini mampu mengatasi sembelit karena dapat melancarkan sistem pencernaan serta baik untuk menurunkan berat badan.

Buah yang rasanya manis ini juga kaya akan serat sampai 1,3 gr per-100 gr buahnya. Masyarakat mengenal pepaya tinggi serat ini bagus untuk memperlancar pencernaan juga buat mereka yang sedang diet sehat.

Buah tinggi serat bagus untuk meningkatkan kesehatan badan.

2. Buah Alpukat

Dalam satu buah alpukat terdapat 10 gram serat. Kegunaan buah alpukat adalah untuk menangani sembelit dan problem pencernaan atau mengatur kolesterol tubuh. Buah tinggi serat ini sangat disukai untuk program diet.

3. Buah Pisang

Pisang termasuk jenis buah kaya serat yang paling bagus untuk menangani berbagai problem pada pencernaan. Kandungan seratnya capai 0,6 gr per 100 gr buah. Pisang juga kaya mineral serta vitamin yang diperlukan tubuh.

Buah tinggi serat bagus untuk menangani problem pencernaan

4. Buah Apel

Apel adalah buah tinggi serat yang capai 4,4 gr per-100 buah. Buah ini sangatlah populer di kelompok pelaku diet lantaran rasanya yang nikmat. Makan buah apel juga bagus untuk menurunkan kolesterol tubuh.

5. Buah Mangga

Buah ini dikenal tak hanya kaya serat, tetapi juga memiliki kandungan 20 macam mineral serta vitamin yang diperlukan tubuh. Buah ini baik dimakan untuk diet atau menghilangkan gangguan diare atau sembelit.

6. Buah Berry

Buah-buahan berry, seperti strawberry, blackberry, dan raspberry mengandung banyak serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang bagus buat kesehatan tubuh. Kandungan seratnya capai 5,5 gr. Hal ini menjadi layak untuk anda konsumsi secara teratur demi kesehatan tubuh.
Baca juga:
Kandungan serat buah ini sejumlah 7.3 gr per-100 gr tetapi rendah kalori dan glukosa. Buah tinggi serat ini pula memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, dan anti kanker yang bermanfaat turunkan kolesterol, menangani diare, dan memperlancarkan aliran darah.

8. Buah Sawo

Buah warna coklat ini dijumpai kaya akan serat yang paling bagus untuk menangani problem sembelit. Makan buah kaya serat ini pula bagus untuk mengontrol pencernaan dan kesehatan tubuh.

9. Buah Pir

Pir termasuk buah tinggi serat yang capai 3,1 gr per-100 gr. Buah ini juga kaya akan mineral serta vitamin yang bermanfaat dalam turunkan takaran gula darah, menghindari diabetes, dan bagus untuk diet.

Buah tinggi serat bagus untuk menangani pencernaan yang bermasalah

10. Buah Nanas

Nanas memiliki kandungan banyak vitamin, mineral, dan serat yang bagus untuk menjaga kesehatan. Kandungan serat buah ini sejumlah 1 gr per-100 gr. Campurkan buah ini kedalam jus supaya lebih maksimal manfaatnya.

Kesimpulan

Itulah berbagai macam buah tinggi serat yang bagus untuk diet, sistem pencernaan, tangani diare dan turunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi buah kaya serat secara teratur sangatlah bagus buat menyingkirkan tubuh dari penyakit. Mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur. Karena kesehatan itu adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan anda.

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

25 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. Alpukat adalah salah satu buah favorit saya yang dikonsumsi mentah tanpa gula. Meski agak pahit atau hambar, tapi banyak manfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah...sama kita, Bli. Aku juga suka makan alpukat tanpa gula. Yang paling enak itu alpukat mentega. Kalo yang masih ada rasa pahit biasanya makannya sambil mengingat mantan, eh maksudku alpukatnya belum mateng bener.

      Hapus
  2. AKu sukaaaa semua buah2an yg disebutkan.
    semogaaa kita semua sehaatt wal afiat ya
    kudu rajin mengonsumsi makanan berserat memang ya

    BalasHapus
  3. Suka semuaya, tapi jarang makan buah. Apalagi sawo, susah tuh dapetin di toko buah. Jarang ada

    BalasHapus
  4. Sukaaa banget makan buah. Kecuali mangga cengkir, seenak apa pun dia. Perutku dan mangga cengkir musuhan! :D

    BalasHapus
  5. Buah-buah an tinggi serat memang sangat bermanfaat untuk kesehatan, paling suka sama Alpukat, pisang dan Nanas dari list di atas

    BalasHapus
  6. Fav aku buah mangga sih.
    kayak ga ada yang bisa ngalahin segernya, apalagi kalo dibikin jus :P

    BalasHapus
  7. Semua buah favorit sayaa inii hihiihi

    BalasHapus
  8. Semuaaa buah sukaa, manggis apalagi. Yummy.

    BalasHapus
  9. Pepaya, Alpokat dan Pisang, buah paling sering ada dirumah, bisa jadi yang tak pernah absen hehehe

    BalasHapus
  10. Wwooo, alpuket termasuk tinggi serat ya? Kukira malah berlemak aja engga ada seratnya. Semua buah aku suka tuh. Kecuali berry, jarang nemu yah, harus ke supermarket...wkwkwk

    BalasHapus
  11. Buah Pepaya ini memang dikenal baik sebagai buah tinggi serat yang baik untuk atasi sembelit. Apalagi di beberapa daerah, harganya nggak terlalu mahal, jadi bisa banget dijadikan sebagai buah camilan sekeluarga.

    BalasHapus
  12. Biasanya keluarga yuni selalu menyiapkan pepaya sama pisang setiap harinya. Apalagi emak yuni suka bermasalah sama BAB. Jadi ya berasa harus ada pepaya dan pisang deh. Hehehe

    BalasHapus
  13. akhir-akhir ini aku suka banget makan apel, sistem pencernaan tubuh jadi lancar :D

    BalasHapus
  14. buah memang sumber serat terbaik ya kak
    klo aku yg paling sering ada di rumah ya pepaya dan pisang
    banyak serat dan vitaminnya, harganya pun terjangkau

    BalasHapus
  15. Berry itu tinggi serat ya ternyata. Bagus untuk pencernaan ya.
    Saya kira cuma bagus untuk kulit wajah lebih kencang dan bersinar. Hehehe

    BalasHapus
  16. Dibanding alpukat, aku mending makan pepaya aja deh. Suka enek soalnya kalau harus makan alpukat. Entah dimakan langsung atau di jis, tetep aneh rasanya menurutku ��

    BalasHapus
  17. Buah pepaya ini yang sering aku makan karena paling gampang didapat. Jadi di rumah sudah pasti ada deh buah yang satu ini.

    BalasHapus
  18. Kalau pepaya karena memang murah meriah dan selalu ada di pasaran jadi saya pun nyetok setiap hari. Selain itu nanas atau pisang. Yang lainnya musiman aja, apalagi kayak apel gitu malah jarang. Pokok pepaya, nanas, pisang is the best.

    BalasHapus
  19. Aku soyan banget sawoo. Kalau pulang kampung ke jogya di depan rumah mbah ada pohon sawo gede bangeeettt. Buahnya dulu banyak banget dan besar plus manis. Tapi sejak kemarau, buahnya agak kecil hehe

    BalasHapus
  20. Semua buah favorite saya ini, enak dan banyak manfaatnya yah

    BalasHapus
  21. Buah pisang, merupakan salah satu buah kaya serat favorit keluarga kami Kang. Beli 1 sisir, seringnya setengah hari aja sudah ludes :D

    BalasHapus
  22. Buah-buahan emang selalu digadang-gadang punya serat yang tinggi yang baik untuk kesehatan terutama untuk sistem pencernaan. jadi nggak heran dong buah masuk ke dalam 4 sehat 5 sempurna.

    BalasHapus
  23. Pepaya favorit banget, makannya enak, besokannya pencernaan jadi lancar betuuul haha. Nanas juga favorit sih, seru tuh konsumsi serat dari buah-buahan gini

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah semua buah yang disebutin di atas suka banget. Sayangnya lagi hamil begini nggak boleh makan nanas oleh suami. Mungkin banyak orang lain yang melarang juga. Tapi tetap masih bisa menikmati buah lainnya.

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Welcome to Kang Syahri blog