Inilah Rumah Sakit Terdekat untuk Jantung

Jantung memiliki fungsi dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia, darah yang dibawa memberikan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh organ tubuh dan mengangkut zat-zat sisa.


Bagian Jantung dan Fungsinya

Bilik kanan jantung berfungsi sebagai pemompa darah kotor ke paru-paru sehingga karbondioksida dapat diganti dengan oksigen melalui pernapasan. Serambi kiri berfungsi sebagai penerima darah bersih yang berasal dari paru-paru, darah ini masuk melalui pembuluh balik dan dipompa kembali menggunakan bilik kiri dengan katup mitra.

Bilik kiri berfungsi sebagai pemompa darah bersih ke seluruh tubuh dan apabila mengalami darah tinggi akan membuat otot bilik menjadi besar dan mengeras sehingga bebannya menjadi bertambah dan apabila mengalami gangguan maka kunjungi rumah sakit terdekat.

Cara Memasak Makanan Untuk Penderita Jantung

Salah satu penyakit jantung yang paling sering dialami adalah gagal jantung. Gagal jantung merupakan kondisi dimana otot jantung menjadi lemah yang menyebabkan jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Sehingga diperlukan cara memasak makanan untuk penderita jantung diantaranya:
  • Ditumis, merupakan memasak menggunakan sedikit minyak. Minyak mengandung lemak yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan membuat bahaya lemak di jantung dapat mengakibatkan penumpukan plak pada pembuluh darah.
  • Menggunakan minyak zaitun, mengandung lemak tak jenuh dan memiliki lemak yang sangat baik untuk kesehatan jantung terutama untuk penderita jantung.
  • Memanggang, dengan tidak menggunakan minyak sama sekali dan menggunakan wajan anti lengket dengan kualitas yang bagus supaya tidak menggunakan minyak dan makanan yang dapat dipanggang seperti ikan.
  • Memakai microwave, sebaiknya memilih microwave berkualitas agar makanan yang dihasilkan juga memiliki kandungan nutrisi yang terjaga.

Baca juga: 

Selain itu untuk menjaga fungsi jantung, dapat mengolah makanan dengan membakar tanpa menggunakan minyak sama sekali sebab lemak tak jenuh tidak baik masuk dalam tubuh. Membakar dapat dilakukan di atas kompor dengan menggunakan beberapa peralatan rumah tangga.

Diet Untuk Penderita Gagal Jantung

Namun jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang dibakar karena asap yang dihasilkan dari membakar makanan akan menjadi senyawa yang dapat menyebabkan kanker jika mengonsumsinya terlalu sering. Berikut adalah prinsip diet untuk penderita gagal jantung diantaranya:
  • Cukup energi, energi yang dibutuhkan disesuaikan dengan kecukupan dan sumber energi dari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.
  • Protein sesuai kebutuhan, biasanya sekitar 0,8 gram/kg berat badan. Dianjurkan mengonsumsi protein hewani yang rendah lemak dan protein nabati.
  • Lemak dapat dikonsumsi, penyakit jantung sebaiknya diberikan 25 hingga 30% lemak dari total kalori yang dibutuhkan dalam sehari dengan 10% dari lemak jenuh dan 10 hingga 15% lemak tak jenuh.
  • Batasi garam, biasanya dianjurkan 2 hingga 3 gram per hari dan perhatikan kandungan natrium pada makanan atau minuman yang dimakan karena maksimal natrium boleh dikonsumsi 1500 mg per hari.
Inilah Rumah Sakit Terdekat untuk Jantung
Sumber gambar: https://www.halodoc.com

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Gagal Jantung

Penderita gagal jantung juga perlu mengadopsi pola makan sehat yang kaya akan sayur dan buah. Porsi sayur dan buah sebaiknya memenuhi setengah bagian dari piring setiap kali makan. Penderita juga perlu mengawasi asupan sodium dapat membuat tubuh menahan cairan sehingga memicu terjadinya peningkatan tekanan darah.

Penderita juga perlu mengontrol tekanan darah untuk mengupayakan mencapai target tekanan darah sesuai saran dokter dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Pantau cairan dan tidak hanya sekedar minum air putih tetapi juga es krim dan disarankan untuk menimbang berat badan dan kenaikan berat badan menjadi tanda adanya penumpukan cairan. Rumah sakit terdekat dapat diketahui dari Halodoc, salah satunya dengan RS Jantung Jakarta.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!