3 Cara Agar Semangat Menulis Artikel Di Blog

Malas memang sudah menjadi hal yang biasa pada diri manusia, termasuk saya sendiri akhir-akhir ini merasakan malas untuk menulis artikel pada blog kangsyahri.com yang saya kelola ini. Padahal dalam sebuah blog, yang namanya artikel adalah denyut nadi kehidupan blog itu sendiri.

3 Cara Agar Semangat Menulis Artikel Di Blog

3 Cara Agar Semangat Menulis Artikel

Tidak dipungkiri, rasa malas itulah yang menyebabkan blog kita sepi dari pengunjung setia. Perlu kita ketahui, pengunjung akan selalu menunggu artikel-artikel terbaru dari pengelola blog yang sudah jadi langgananya. 

Kalau dari pengelola blog tersebut tidak ada lagi aktifitas untuk menyuguhkan artikel atau konten-konten terbarunya, otomatis mereka akan kabur dan beralih kepada blog atau website yang lain.

Jika diibaratkan sebuah bangunan, blog tanpa artikel itu bagaikan rumah tanpa penghuni di dalamnya. Bangunan itu terlihat dari luar begitu megah, tapi didalamnya hampa tanpa canda gurau dan aktivitas penghuninya.

Biasanya timbulnya rasa malas pada diri seorang blogger untuk membuat artikel itu karena sebab-sebab tertentu, diantaranya mungkin lagi Bad Mood, BeTe, atau mungkin Sedang Galau. Untuk menghilangkan semua itu, saya akan memberikan tips agar kembali semangat dalam menulis artikel yang bermutu dan relevan.

1. Refreshing

Jika Anda memiliki kesibukan yang lain selain menjadi seorang blogger, tentunya refreshing bersama keluarga akan memberikan sebuah penyegaran pada otak kita untuk berfikir serta membuat tubuh lebih fresh. 

Refreshing tidak hanya dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata dan sebagainya. Dengan menyalurkan hobi kita seperti memancing atau bermain game pun sebenarnya dapat juga dijadikan solusi untuk menyegarkan segala aktivitas pada tubuh kita dari kepenatan.

2. Istirahat atau Tidur

Ketika anda merasakan rasa malas pada saat membuat sebuah artikel, maka jangan dipaksakan. Karena jika terus dipaksakan yang ada nanti artikel yang anda buat akan berantakan. Istirahatkan mata dan fikiran anda melalui tidur. 

Biasanya jika orang yang kelelahan dari beraktivitas, maka otot mata akan menjadi kaku dan fikiran pun akan buntu. Naaaah setelah bangun dari tidur, kita bisa melanjutkan kembali untuk menulis, biasanya jika tubuh kita sudah diistirahatkan (tidur). 

Pada saat bangun tidur kita akan banyak mendapatkan ide-ide yang bagus. Ide-ide tersebut dapat kita tuangkan untuk menjadi sebuah artikel.

3. Mambuat Jadwal

Untuk membuat sebuah artikel pada blog, kita tidak dituntut mesti tiap hari standby didepan layar monitor. Namun jika kita memiliki jadwal yang terencana, membuat sebuah artikel dapat kita lakukan terjadwal. Misalnya dalam seminggu harus membuat tujuh buah artikel, berarti sehari kita siapkan satu artikel. 

3 Cara Agar Semangat Menulis Artikel Di Blog

Kenapa harus membuat jadwal terencana?, Jika kita memiliki jadwal terencana, tentunya akan membantu kita jika ada kesibukan esok harinya. Seperti yang kita ketahui pada saat kita membuat sebuah artikel, di halaman Entri terdapat menu Setelan entri dan disitu terdapat submenu Jadwal (dipublikasikan pada) yang ber ikon Jam. 

Kita dapat mengatur jadwal sesuai keinginan kita. Contohnya kalau anda hari ini sedang semangat membuat artikel, mungkin esok hari anda ada kesibukan yang lain yang tak terduga, maka anda buat artikel tersebut lebih dari satu. 

Agar artikel yang kita buat hari ini dapat dipublikasikan esok hari, maka kita setel pengaturan jadwalnya untuk esok hari dan artikel tersebut akan dipublikasikan dengan sendirinya sesuai dengan setelan tanggal dan waktu yang kita buat sebelumnya.

Itulah 3 Cara Agar Semangat Menulis Artikel Di Blog. Semoga artikel ini dapat membantu anda jika sedang mengalami kemalasan dalam membuat artikel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan menjadikan solusi agar kembali semangat dalam membuat artikel.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

8 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Iya mas, malah dengan kita membuat jadwal yang terencana, tanpa disadari blog kt terus update artikel terbaru setiap harinya. itulah diantaranya keuntungan membuat jadwal

    BalasHapus
  2. kalau saya pribadi yang tetap bikin semangat menulis itu adalah ada target jumlah artikel yang diterbitkan. Walaupun untuk mencapai itu perlu juga refresing dan istirahat sejenak kang. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Target memang diperlukan dalam membuat artikel. Tapi disisi lain kita pun jangan terlalu dipaksakan untuk sebuah target yang terlalu berlebihan mas. Sewajarnya saja klo menurut saya pribadi sih

      Hapus
  3. Entah berapa bulan saya gak update blog nih kang, belum ketemu lagi mood-nya.

    Semangan terus ngeblognya ya.

    Salam dari Sukabumi, kang.

    BalasHapus
  4. Kalau tidak salah terakhir update artikel itu di bulan april, sampai sekarang udah gak ada kabar lagi pak. Hayuuu pak buang jauh-jauh bad mood-nya dan mulai lagi update artikel. Kasihan tuh pengunjung setianya kehilangan kabar terbaru, termasuk saya juga nihhh...

    Terimakasih kunjunganya pak...
    Salam juga dari Indramayu, BTW sampaikan salam buat Pak Edi Lizwardi, barangkali masih sering call sama beliau...

    BalasHapus
  5. Untuk mengatasi rasa malas, sy biasa ambil futi kerja dan jalan2 sepuasnya. Alhamdulillah sangat membantu. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan cara refreshing itu tadi, kt dapat penyegaran until berfikir jernih.

      Hapus
  6. Semangat menulis ...
    Mari kita saling mengunjungi ...

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!