Sejarah Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola memang sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Begitu banyak kebudayaan kuno yang memainkan olahraga yang mirip sepak bola seperti sekarang ini. Oleh sebab itu, tidak diketahui dengan pasti kapan dan dimana permainan bola pertama kali dimulai.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Sejarah mencatat, pada tahun 200 SM bangsa China memiliki permainan yang mamakai bola kulit. Pada zaman Yunani Kuno pun muncul permainan yang serupa. Konon, permainan itu berkembang pada zaman Romawi Kuno dengan nama harpastum.

Permainan harpastum disebut-sebut sebagai cikal bakal olahraga sepak bola modern. Permainan harpastum ditandai garis-garis batas. Tujuna permainan ini adalah untuk menempatkan bola ke wilayah tim lawan.

Permainan ini terus berkembang di negara Inggris. Italia dan Amerika. Permainan sepak bola ini semakin popular dan banyak penggemarnya.

Perkembangan permainan  ini akhirnya menuntut berdirinya FIFA (Federation International de Football Association) atau Asosiasi Sepak Bola Internasional. FIFA memperbiki system persepakbolaan mulai dari seragam, wasit, tendangan pinati sampai masalah profesionalisme.

Pada tahun 1908, olahraga sepak bola mulai masuk dalam olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade. Adapun Piala Dunia baru dimulai pada tahun 1930 yang diselenggarakan di Uruguay.

Tim Indonesia pernah masuk pertandingan Piala Dunia ke-3 yang diadakan di Prancis tahun 1938 yang mewakili Asia Pasifik sebagai tim Dutch East Indies

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!