19 March 2018

Sejarah Permainan Sepak Bola

Sejarah Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola memang sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Begitu banyak kebudayaan kuno yang memainkan olahraga yang mirip sepak bola seperti sekarang ini. Oleh sebab itu, tidak diketahui dengan pasti kapan dan dimana permainan bola pertama kali dimulai.

Sejarah mencatat, pada tahun 200 SM bangsa China memiliki permainan yang mamakai bola kulit. Pada zaman Yunani Kuno pun muncul permainan yang serupa. Konon, permainan itu berkembang pada zaman Romawi Kuno dengan nama harpastum. 



Permainan harpastum disebut-sebut sebagai cikal bakal olahraga sepak bola modern. Permainan harpastum ditandai garis-garis batas. Tujuna permainan ini adalah untuk menempatkan bola ke wilayah tim lawan.

Permainan ini terus berkembang di negara Inggris. Italia dan Amerika. Permainan sepak bola ini semakin popular dan banyak penggemarnya. Perkembangan permainan  ini akhirnya menuntut berdirinya FIFA (Federation International de Football Association) atau Asosiasi Sepak Bola Internasional. FIFA memperbiki system persepakbolaan mulai dari seragam, wasit, tendangan pinati sampai masalah profesionalisme.

Pada tahun 1908, olahraga sepak bola mulai masuk dalam olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade. Adapun Piala Dunia baru dimulai pada tahun 1930 yang diselenggarakan di Uruguay. Tim Indonesia pernah masuk pertandingan Piala Dunia ke-3 yang diadakan di Prancis tahun 1938 yang mewakili Asia Pasifik sebagai tim Dutch East Indies

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon