19 March 2018

Download Lengkap Jurnal PKL SMK Jurusan TKJ

Download Lengkap Jurnal PKL SMK Jurusan TKJ

Praktik Kerja Lapangan adalah suatu bentuk penyelenggaraan Pendidikan Keahlian yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja, terarah untuk mencapai  suatu tingkat keahlian tertentu.

Salah satu tujuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah menyiapkan peserta didik sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang trampil, terdidik dan profesional serta mampu mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Untuk mencapai tujuan tersebut penyelenggaraan pendidikan dilakukan dengan sistem ganda, yaitu penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan memadukan antara pembekalan aspek normatif, adaptif dan dasar produktif di sekolah dengan pembekalan aspek produktif serta spesialisasi di Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).

Jurnal PKL SMK Jurusan TKJ
Contoh Jurnal PKL SMK
PKL sebagai suatu bentuk pembelajaran yang dilakukan di Dunia Usaha/Dunia Industri perlu senantiasa diawasi pelaksanaannya agar kegiatan tersebut benar-benar terarah dan sesuai dengan ide dasarnya.  Di sisi lain guru sebagai pembimbing tidak mungkin mengikuti perkembangan peserta didik secara rutin di Dunia Usaha/Dunia Industri dengan berbagai pertimbangan.

Pembelajaran di SMK dirancang dengan pendekatan berbasis pada kompetensi, pendekatan berbasis pada produksi dan pendekatan berbasis di dunia kerja. Pembelajaran berbasis pada kompetensi adalah pembelajaran yang ditekankan untuk membekali kompetensi secara tuntas kepada peserta didik yang mencakup aspek sikap (attitude), pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill). Pembelajaran berbasis produksi adalah pembelajaran yang ditekankan pada perolehan hasil belajar berupa barang jadi atau jasa sesuai dengan standar Dunia Industri/Dunia Usaha. Sedangkan pembelajaran berbasis di dunia kerja mengarahkan peserta didik dapat meningkatkan kompetensinya melalui dunia kerja. 

Pembelajaran di dunia kerja ini, peserta didik harus melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan persyaratan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Pada dasarnya Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu model penyelenggaraan pendidikan yang memadukan secara utuh dan terintegrasi kegiatan belajar siswa di sekolah dengan proses penguasaan keahlian kejuruan melalui bekerja langsung di lapangan kerja. Metode tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mencapai relevansi antara pendidikan dengan kebutuhan tenaga kerja. 

Harapan utama dari kegiatan Praktik Kerja Lapangan ini di samping meningkatkan keahlian profesional siswa agar sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja agar siswa memiliki etos kerja yang meliputi: kemampuan bekerja, motivasi kerja, inisiatif, kreatif, hasil pekerjaan yang berkualitas, disiplin waktu, dan kerajinan dalam bekerja.

Tujuan Praktik Kerja Lapangan yaitu:

Siswa Peserta PKL
  1. Praktik Kerja Lapangan merupakan pelaksanaan proses pembelajaran yang dilaksanakan di luar kelas/sekolah dengan lingkungan kerja yang sebenarnya dan sebagai bekal bagi para peserta didik untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.
  2. Menjalin hubungan dan kerjasama antara Sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri.
  3. Meningkatkan efisiensi proses pembelajaran praktik dan latihan bagi peserta diklat, sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri.

Manfaat bagi dunia usaha, sekolah dan peserta didik

Kerjasama antara SMK dengan Dunia Usaha/Dunia Industri dilaksanakan dalam prinsip saling membantu, saling mengisi dan saling melengkapi untuk keuntungan bersama. Berdasarkan prinsip ini pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan akan memberi nilai tambah dan manfaat bagi pihak-pihak yang bekerjasama, sebagai berikut :

Manfaat Bagi Dunia Usaha/Dunia Industri
Penyelenggaraan Praktik Kerja Lapangan memberi keuntungan yang nyata bagi industri, antara lain sebagai berikut :
  1. Perusahaan dapat mengenal kualitas peserta Praktik Kerja Lapangan yang belajar dan bekerja di industri.
  2. Umumnya peserta Praktik Kerja Lapangan telah ikut dalam proses produksi secara aktif sehingga pada pengertian tertentu peserta Praktik Kerja Lapangan adalah tenaga kerja yang memberi keuntungan.
  3. Perusahaan dapat memberi tugas kepada peserta Praktik Kerja Lapangan untuk kepentingan perusahaan sesuai kompetensi dan kemampuan yang dimiliki.
  4. Selama proses pendidikan melalui kerja industri, peserta Praktik Kerja Lapangan lebih mudah diatur dalam hal disiplin berupa kepatuhan terhadap peraturan perusahaan. Karena itu, sikap peserta Praktik Kerja Lapangan dapat dibentuk sesuai dengan ciri khas tertentu industri.
  5. Memberi kepuasan bagi dunia usaha/dunia industri karena diakui ikut serta menentukan hari depan bangsa melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL).
Foto bersama guru dan peserta PKL
Manfaat Bagi Sekolah
Tujuan pendidikan untuk memberi keahlian professional bagi peserta didik lebih terjamin pencapaiannya. Terdapat kesesuaian yang lebih pas antara program pendiddikan dengan kebutuhan lapangan kerja (sesuai dengan prinsip Link and Match). Memberi kepuasan bagi penyelenggaraan pendidikan sekolah karena tamatannya lebih terjamin memperoleh bekal yang bermanfaat, baik untuk kepentingan tamatan, kepentingan dunia kerja, dan kepentingan bangsa.

Manfaat Bagi Peserta Didik
Hasil belajar peserta Praktik Kerja Lapangan akan lebih bermakna, karena setelah tamat akan betul-betul memiliki keahlian profesional sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidupnya dan sebagai bekal untuk pengembangan dirinya secara berkelanjutan. Keahlian profesional yang diperoleh dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya diri tamatan, yang selanjutnya akan mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian profesionalnya pada tingkat yang lebih tinggi.

Untuk itulah selain adanya pengawasan langsung dari Pembimbing Dunia Usaha/Dunia Industri, maka keberadaan Jurnal PKL merupakan perangkat yang diharapkan dapat menjadi acuan kegiatan dan rekaman aktivitas peserta didik selama di Dunia Usaha/Dunia Industri. Atas dasar pola pikir tersebut di atas, maka Jurnal Praktik Kerja Lapangan ini akan sangat membantu jika peserta didik dengan bimbingan guru dan pihak Dunia Usaha/Dunia Industri memahami dan secara teratur mengisinya.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon