17 February 2018

Cara Menambahkan Dan Memasang Widget Blog

Cara menambahkan dan memasang widget pada blog

Kalau pada postingan saya yang lalu membahas tentang Cara menambahkan label pada postingan blog, Kali ini saya akan memberikan tutorial Cara menambahkan dan memasang widget pada blog. Tapi sebelum itu akan saya jelaskan terlebih dahulu pengertian dari widget. Widget adalah alat atau fitur tambahan yang disediakan oleh blogger selain konten postingan untuk memudahkan dalam navigasi blog atau keterangan yang ada pada blog itu sendiri sehingga pengunjung blog dapat lebih mudah mengerti dan mengenali isi dari blog.

Ada berbagai macam widget yang disediakan oleh blogger maupun dari luar blogger dengan berbagai macam fitur dan kegunaannya. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan yang ingin ditambahkan pada blog anda.

Menambahkan dan memasang widget pada blog

Untuk memulai menambahkan dan memasang widget, ada beberapa tahapan-tahapan yang harus anda perhatikan agar tampilan blog anda terlihat cantik dan pengunjung blog anda pun tidak merasa risih untuk sering berkunjung ke blog yang anda miliki karena melihat fitur pada blog anda begitu rapih. Sebab kerapihan dari pada tampilan blog tersebut memiliki nilai tersendiri bagi pengunjung atau bahkan orang yang akan bekerjasama dengan anda untuk memasang iklannya.

Langkah-langkah menambahkan dan memasang widget pada blog

Berikut ini adalah tahapan-tahapan cara menambahkan dan memasang widget pada blog.
Pertama-tama login terlebih dahulu ke Blogger.com, kemudian pada dashboard blog anda pilih "Layout" atau "Tata Letak".


Setelah muncul halaman layout/tata letak, kemudian pilih "Tambahkan Gadget" di bagian mana saja yang anda inginkan untuk menempatankan widget tersebut.


Setelah anda klik Tambahkan Widget/Gadget, maka akan muncul jendela baru yang menampilkan daftar berbagai macam widget yang dapat anda tambakan pada blog.


Sebagai contohnya, akan saya pilih widget "AdSense" dengan cara klik tanda (+) tambahkan pada samping widget AdSense tersebut, kemudian saya copas kode iklan yang sudah saya dapatkan dari google adsense milik saya sendiri. Setelah kode tersebut tersimpan pada widget kemudian Klik "Simpan" dan atur posisinya agar sesuai. Jika anda akan memasang widget tersebut pada bagian header maka anda tinggal drag dan kemudian drop pada bagian paling atas.

Setelah itu, klik "simpan setelan" dan lihat hasilnya dengan klik "Lihat Blog" di bagian atas, maka akan ada tampilan widget baru pada blog anda secara otomatis dan akan terlihat pada menu "Tata Letak" di halaman bagian paling atas.

Sampai disini tutorial dari saya tentang menambahkan dan memasang widget pada blog, semoga tutorial dari saya tersebut mudah untuk difahami dan semoga dapat membantu anda untuk terus belajar ngeblog.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon