Jumat, Oktober 22, 2021

Berinvestasi di InvestasiKu Raih Impian Finansial Masa Depan

Bagi sebagian orang, termasuk saya, salah satu impian yang ingin segera terwujud adalah memiliki keadaan finansial yang mapan. Tidak hanya sebagai bekal untuk masa depan, terpenuhinya kebutuhan pokok, memiliki barang impian, memiliki rumah pribadi, kendaraan hingga cita-cita dapat lebih mudah diwujudkan.

InvestasiKu adalah aplikasi investasi saham yang dapat meraih impian finansial masa depan

Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari pentingnya mempersiapkan finansial sejak dini. Padahal dengan mengatur keuangan merupakan sebuah antisipasi sebagai simpanan jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Ya, menabung uang untuk meraih impian keuangan masa depan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi kondisi saat ini, perekonomian dunia sedang menurun yang menyebabkan resesi di berbagai negara. Namun hal itu bukan berarti kita tidak dapat memulai mengatur keuangan dari sekarang.

Memang, terkadang rencana tidak sesuai dengan kenyataan. Tapi setidaknya dengan memiliki perencanaan finansial yang matang, maka kita memiliki gambaran apa yang akan dilakukan untuk mewujudkan beberapa harapan kedepan.

Perlu usaha keras serta niat yang sungguh-sungguh dari hati untuk mewujudkan impian keuangan. Usaha mewujudkannya dapat dimulai dengan bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan, serta niat yang sungguh-sungguh untuk dapat mengelola penghasilan tersebut hingga cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok dan keperluan impian keuangan masa depan yang lebih baik.

Berinvestasi di InvestasiKu

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan hidup, selama satu bulan, seringkali saya tidak dapat memenuhinya karena hanya mengandalkan gaji. Jangankan untuk menabung, di pertengahan bulan tidak jarang saya harus mulai menghemat pengeluaran.

Agar uang gaji saya tidak semuanya habis untuk memenuhi kebutuhan, maka saya mencari sumber pendapatan sampingan yang lain. Dibantu istri, saya mulai menjalankan bisnis jualan, baik online mau pun offline.

Selain itu saya pun memperoleh penghasilan tambahan dari hobi yang saya tekuni, yakni sebagai blogger. Memang tidak terlalu besar penghasilannya, tapi dalam sebulan lumayan untuk menutupi uang jajan anak.

Agar tidak terkikis terus-menerus pengeluaran perbulannya, saya pun berinisiatif untuk memisahkan uang dari hasil jualan pada tabungan yang berbeda dari rekening yang biasa digunakan. Dengan membuka rekening khusus, dapat membantu saya untuk tidak membelanjakan barang-barang yang tidak terlalu penting.

Investasi Sebagai Bentuk Impian Finansial

Selain dengan memisahkan tabungan yang berbeda rekening, saya pun saat ini mulai belajar berinvestasi. Bagi saya, berinvestasi merupakan salah satu bentuk impian finansial. Dengan kata lain, berinvestasi juga dapat menjadi batu loncatan bagi saya untuk meraih impian keuangan masa depan.

InvestasiKu.id adalah Platform untuk belajar memulai berinvestasi saham

Salah satu platform yang saya gunakan untuk memulai berinvestasi yakni di InvestasiKu.id. Aplikasi InvestasiKu merupakan aplikasi investasi saham yang mudah digunakan oleh siapapun, termasuk saya yang baru memulai belajar berinvestasi dan bertransaksi saham.

Sebagai pemula, awalnya saya mengalami kesulitan saat memilih saham yang memiliki prospek bagus. Namun karena ketekunan untuk terus belajar, akhirnya saya dapat dengan mudah menggunakan aplikasi serta memilih berbagai macam saham di InvestasiKu.id.

Kelebihan Berinvestasi di InvestasiKu

Selain karena aplikasi InvestasiKu sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga lebih aman. Aplikasi investasi saham dari InvestasiKu juga memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan aplikasi investasi yang lain.

Berikut ini beberapa alasan saya yang lain sehingga berani berinvestasi sekaligus membeli saham pada aplikasi trading saham, diantaranya:

1. Tampilan Aplikasi Lebih Simpel

Bagi pemula, agar mudah memahami cara kerja platform investasi maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang memiliki tampilan simpel. Menurut saya, aplikasi InvestasiKu ini terbilang sederhana tetapi memiliki beberapa fitur serta menu yang cukup lengkap.

Terdapat beragam fitur menarik pada aplikasi ini, diantaranya informasi seputar investasi yang dapat disimak melalui pilihan artikel terbaru, podcast, webinar, dan ragam video menarik seputar investasi dan lain sebagainya.

2. Registrasi Lebih Mudah

Awalnya saya kira proses registrasi terlalu rumit dan memakan waktu. Ternyata cukup dengan menyiapkan KTP, email, dan nomor ponsel saja untuk proses pendaftarannya. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui smartphone yang sudah terinstal aplikasi InvestasiKu dan terhubung dengan jaringan internet.

3. Transaksi Mudah dan Cepat

Proses transaksi, baik Top Up ke Rekening Dana Nasabah (RDN) maupun pencairan saham cukup mudah. Untuk membeli saham, obligasi atau reksadana, prosesnya sangat cepat. Hanya membutuhkan waktu hitungan menit untuk menyelesaikan proses transaksi.

4. Trading Idea

Melalui fitur trading idea, saya memperoleh informasi mengenai berbagai jenis saham yang memiliki prospek bagus dan aman untuk dimiliki. Pada aplikasi investasi saham dari InvestasiKu.id ini, saya memperoleh rekomendasi saham pilihan setiap hari, baik saham domestik maupun global yang diperdagangkan.

5. Insight Saham Lengkap

Yang menarik dari aplikasi trading saham ini yaitu terdapat insight saham yang ditampilkan secara lengkap. Pergerakan saham harian, bulanan, triwulan, persemester, pertahun bahkan perlima tahun disuguhkan secara detail. Dengan melihat pergerakan saham, kita dapat memutuskan kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjualnya.

Cara Mendaftar InvestasiKu

1. Instal dan Registrasi Aplikasi InvestasiKu

Untuk memulai berinvestasi di InvestasiKu, maka Anda harus mendaftar sebagai nasabah terlebih dahulu. Proses registrasi di InvestasiKu sebenarnya sangat mudah dan cepat. Berikut ini langkah-langkah registrasi di aplikasi InvestasiKu.
  1. Unduh aplikasi InvestasiKu di Play Store atau App Store
  2. Instal aplikasinya hingga selesai
  3. Lakukan registrasi dengan menekan "Log in or Register"
  4. Selanjutnya, Klik "Kamu Belum Punya Akun?"
  5. Lengkapi identitas, Nama Lengkap, Email, No. Handphone, dan Password
  6. Beri tanda "Ceklis" sebagai pernyataan setuju dengan syarat dan ketentuan InvestasiKu
  7. Selanjutnya, klik tombol "Sign Up"

Proses registrasi di InvestasiKu sangat mudah dan cepat

2. Konfirmasi Kode OTP

Setelah proses registrasi selesai, langkah selanjutnya yaitu Anda akan diarahkan pada proses input kode OTP. Kode OTP akan dikirim melalui SMS pada nomor ponsel yang telah didaftarkan sebelumnya pada saat proses registrasi.

Kode OTP (On Time Password) tersebut terdiri dari 6 digit dan dapat digunakan hanya sekali. Oh iya, jangan diberikan kode OTP pada siapapun, karena kode OTP tersebut bersifat rahasia, dan hanya Anda sendiri yang memilikinya. 

Setelah mendapatkan kode OTP, langkah selanjutnya yaitu input kode tersebut pada kolom yang telah disediakan, dan klik tombol "Next".

Proses registrasi telah berhasil dilakukan, Anda akan diminta untuk menekan tombol "Halaman Utama" yang nanti akan diarahkan ke halaman beranda aplikasi InvestasiKu.

Langkah-langkah pendaftaran E-KYC (Electronic Know Your Customer) di aplikasi trading saham

3. Registrasi E-KYC

Agar dapat memulai berinvestasi dan membeli saham favorit di aplikasi investasi saham, maka Anda harus melengkapi pendaftaran E-KYC (Electronic Know Your Customer). Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Validasi KTP

Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk memvalidasi KTP dengan cara melakukan perekaman kartu identitas penduduk. Pastikan foto KTP berada di dalam frame dan dapat terlihat dengan jelas.

  • Isi Formulir Pembukaan Rekening InvestasiKu

Isi formulir data diri dengan lengkap sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnya, seperti nama ibu kandung, alamat tempat tinggal, pekerjaan, alamat tempat bekerja dan lain sebagainya.

  • Verifikasi Biometrik

Verifikasi biometrik merupakan langkah terakhir pembukaan rekening E-KYC. Pada tahap ini, Anda diminta untuk mengecek email yang telah didaftarkan. Klik "link" pada email yang telah dikirim atau dengan menekan tombol "Selanjutnya".

Lakukan foto selfie untuk proses akhir. Pastikan ikuti instruksi pada aplikasi agar hasil biometrik tepat dan jelas. Pada saat pengambilan foto pribadi, usahakan jangan memakai topi atau masker, rambut tidak menutupi wajah, latar belakang foto polos, dan yang pasti foto terlihat jelas dan terang tanpa ada efek bayangan.

Verifikasi biometrik pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN)

Setelah foto selfie berhasil diunggah, Anda akan mendapatkan pemberitahuan jika telah berhasil menyelesaikan registrasi sebagai nasabah baru di PT Mega Capital Sekuritas.

Untuk mengecek status pembukaan rekening dana nasabah, Anda dapat melihatnya melalui email yang telah dikirim. Pada email tersebut, Anda akan mendapatkan SID, SRE, Nomor RDN, Bank RDN, Nama Investor, CLIENTID dan PIN TRADING yang nanti dapat digunakan untuk memulai berinvestasi dan membeli saham di InvestasiKu.

Tips Berinvestasi

Berinvestasi merupakan salah satu cara untuk meraih impian finansial untuk masa depan yang lebih baik. Banyak cara berinvestasi yang dapat dilakukan, namun kita juga harus mengetahui dan waspada dengan resikonya. 

Agar tidak mengalami kerugian, maka kita pun harus mempelajari dan memulainya dengan cara yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang aman untuk memulai berinvestasi.
  1. Mulai pendanaan dari nilai yang kecil 
  2. Gunakan dana pribadi
  3. Pahami resiko dalam berinvestasi
  4. Pilih instrumen investasi yang tepat
  5. Tentukan pilihan jangka waktu
  6. Diversifikasi (mengalihkan dana investasi ke berbagai jenis instrumen)
  7. Sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
  8. Terus belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan investasi.

Kesimpulan

Saat ini tersedia banyak sekali pilihan investasi. Mulai dari, saham, deposito, properti hingga cryptocurrency. Namun, sebelum Anda yakin dan serius untuk menginvestasikan uang, pastikan Anda memilih jenis investasi yang tepat. Sesuaikan investasi dengan kemampuan, karena tidak semua investasi cocok untuk Anda.

Saat memilih investasi, Anda harus memahami risiko dan keuntungan yang nanti akan didapatkan. Setelah memahaminya, pastikan Anda bersedia untuk menanggungnya di masa depan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari sebuah investasi. 

Ada beberapa instrumen investasi yang cocok untuk pemula, diantaranya investasi saham, emas, reksadana, properti, tanah, dan obligasi.

Sebelum memulai berinvestasi, sebaiknya pelajari terlebih dahulu tentang investasi agar lebih paham tentang investasi dan tidak salah pilih platform investasi. Pilih investasi yang aman dengan tambahan keuntungan yang rasional, serta jangan mudah tergiur dengan bunga atau hasil dari investasi yang berlebihan.

Salah satu rekomendasi platform aplikasi investasi saham yang cocok dan aman bagi pemula yang ingin belajar berinvestasi, dan agar dapat meraih impian finansial masa depan yang lebih baik yaitu di InvestasiKu.id. 

Platform InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas, yang beralamat di:
Menara Bank Mega Lt. 2 
Jl. Kapten P. Tendean, Kav. 12-14 A
Kel. Mampang Prapatan
Kec. Mampang Prapatan
Kota Adm. Jakarta Selatan
Prov. DKI Jakarta

Untuk dapat memulai berinvestasi dan bertransaksi saham favorit, yuk, segera download aplikasinya melalui Play Store atau App Store. Segera lakukan registrasi dan pembukaan rekening dana nasabah secara bertahap sesuai dengan yang telah saya paparkan diatas atau dengan mengikuti petunjuk pada aplikasi InvestasiKu hingga selesai. Semoga bermanfaat!.

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

2 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. Semoga saja setelah baca artikel ini finansial saya bisa mapan... masih mending akang punya gaji..lah saya.. cuma dirumah doang..nggak ada yg gaji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..
      Gak apa-apa bang, yg penting rejeki terus mengalir meski bukan dari gaji pokok. Dan yg penting lagi rejekinya barokah.

      Hapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Blog Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!
Chat with WhatsApp