Selasa, Oktober 19, 2021

6 Langkah Tepat Amankan Data Perusahaan

Kemajuan teknologi dan perkembangannya yang pesat juga diiringi dengan banyaknya kejahatan atau serangan cyber yang mengintai aset-aset berharga perusahaan saat ini, yakni data.

Berikut ini adalah langkah yang tepat untuk amankan data perusahaan dari serangan cyber

6 Langkah Amankan Data Perusahaan

Kejahatan cyber yang mengincar data tentu dapat merugikan perusahaan. Untuk itu sangat penting untuk menerapkan keamanan ketat pada data perusahaan. Berikut ini beberapa langkah tepat untuk mengamankan data perusahaan yang dapat Anda lakukan.

Membangan Infrastruktur IT yang Kokoh

Langkah awal yang dapat dilakukan adalah mengamankan infrastruktur di perusahaan tempat Anda bekerja. Dengan infrastruktur yang kokoh artinya seluruh perangkat teknologi yang perusahaan miliki dapat dipastikan memiliki perlindungan prima terhadap berbagai serangan cyber.

Dalam hal ini Tim IT perusahaan harus terus meng-update infrastruktur yang ada secara berkala agar terhindar dari berbagai ancaman keamanan lainnya.

Pastikan Gadget Selalu Aman

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan gadget atau smartphone saat ini sangat membantu dalam memfasilitasi akses data yang begitu cepat kapan pun dan di mana pun. Karena kemudahan akses inilah perusahaan wajib memastikan bahwa seluruh perangkat yang digunakan terjamin keamanannya.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan aplikasi yang telah mendukung data enkripsi seperti WhatsApp dalam membagikan sebuah informasi, dan Anda juga dapat menerapkan password smartphone yang kuat sehingga tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Backup Data Perusahaan Secara Berkala

Dalam hal ini, Anda pastinya tidak bisa memprediksi kapan kegagalan sistem dapat terjadi ke depannya. Tentu hal ini dapat merugikan perusahaan bukan?.

Memang secara tidak langsung, risiko kehilangan data tidak terlalu berkaitan dengan kejahatan cyber, tetapi dengan menerapkan langkah ini, tentu dapat membantu memulihkan sebuah data yang dibutuhkan sewaktu-waktu jika terjadi ancaman siber. Pastikan tim IT tetap melakukan langkah ini secara rutin agar informasi yang di-backup selalu up to date.

Gunakan Software Antivirus untuk Mendeteksi Ancaman

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memanfaatkan aplikasi software antivirus tepercaya yang dapat ditemukan di masing-masing website pelayanan antivirus yang legal.
Baca juga:
Dalam hal ini aplikasi Antivirus dapat memberikan peringatan dini terhadap berbagai ancaman cyber yang ada, sehingga berbagai kejanggalan aktivitas dapat terdeteksi dengan baik dan ancaman keamanan cyber dapat dihindari.

Evaluasi dan Audit IT Secara Berkala

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengevaluasi langkah keamanan siber yang dilakukan perusahaan tempat Anda bekerja, salah satunya adalah dengan melakukan Audit IT secara berkala.

Langkah ini mampu memastikan sejauh apa kelemahan atau pun celah dalam sistem yang dimiliki perusahaan. Terdapat berbagai proses pengujian yang dapat Anda lakukan, misalnya seperti pengujian celah keamanan, pengetesan sistem dan sebagainya.

Data Center

Data center adalah fasilitas fisik yang digunakan perusahaan untuk menampung aplikasi dan informasi penting bisnis mereka, sehingga saat mereka berevolusi, penting untuk memikirkan jangka panjang tentang cara mempertahankan keandalan dan keamanannya.

Anda bisa menggunakan fasilitas data center terbaik di Indonesia dari neuCentrIX. neuCentrIX telah menerima sertifikasi Tier 3 sehingga jaminan uptime dan keamanannya tidak diragukan lagi, hal ini seturut komitmennya untuk mengembangkan ekosistem digital Indonesia. 

Melalui infrastruktur data center berkualitas neuCentrIX akan menjaga keamanan data perusahaan demi keberlangsungan bisnis Anda.

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Blog Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!
Chat with WhatsApp