Hikmah Dan Manfaat Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

Salah satu ibadah yang sangat disunahkan pada bulan ramadhan adalah shalat tarawih. Salat tarawih berbeda dengan salat sunnah lainnya karena jumlah rakaatnya yang banyak. Kata tarawih berasal dari bahasa Arab. Akar katanya adalah, raha-yaruhu-rahatan. Artinya istirahat. 

Hikmah Dan Manfaat Shalat Tarawih
Shalat tarawih berjamaah
Kata ini dipakai karena salat tarawih bisa diselingi istirahat sejenak. Secara istilah, salat tarawih adalah shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari selama bulan ramadan. Waktunya yaitu sesudah shalat isya' sampai mendekati waktu subuh.

Hukum Salat Tarawih

Hukum Salat Tarawih adalah sunnah muakkad. Artinya, amalan yang sangat dianjurkan dan bahkan mendekati wajib. Awalnya Rasulullah mengerjakan salat ini secara berjamaah di masjid.

Baca juga: 

Hikmah Tadarus Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

Namun, Rasulullah khawatir salat ini akan diwajibkan oleh Allah SWT, dan nantinya akan memberatkan umatnya di akhir zaman. Akhirnya, Rasulullah SAW. mengerjakan salat ini di rumah.

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِى قِياَمِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِاَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيْهِ بِعَزِيْمَةٍ فَيَقُوْلُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ اِيْمَانًاوَاحْتِسَابًاغُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a. telah menceritakan bahwasannya Rasulullah SAW. selalu menganjurkan untuk melakukan qiyam (salat sunnah) di bulan Ramadan, tetapi tidak memerintahkan mereka dengan perintah yang tegas (wajib). 

Untuk itu, beliau bersabda, Barang siapa mengajarkan salat (sunnah di malam hari) pada bulan Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala (Allah), niscaya dosa-dosanya yang terdahulu diampuni. (H.R Bukhari dan Muslim)

Hikmah dan Manfaat Shalat Tarawih

Segala perbuatan yang diperintahkan oleh Allah pasti  mempunyai hikmah dan manfaat yang besar. Hikmah shalat Tarawih adalah sebagai berikut.
  1. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt sebab pahalanya oleh Allah Swt pada bulan ramadan seluruh amal kebaikan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.
  2. Menyempurnakan ibadah puasa. Ibadah puasa kita di siang hari akan menjadi sempurna jika malam harinya digunakan beribadah pada Allah Swt.
  3. Mempererat silaturrahmi dan persaudaraan. Umat Islam yang tarawih di masjid menjadi sering bertemu, atau ketika berangkat atau pulang bersama-sama. Hal ini akan menambah persaudaraan.
  4. Syiar islam. Maksudnya, orang-orang non muslim atau orang yang belum mau beribadah dengan baik akan tertarik dengan banyaknya manusia menuju masjid ketika bulan ramadan untuk melaksanakan salat Tarawih.
Jika seorang memahami maksud hikmah dan manfaat dari apa yang dilakukan, maka tentulah ia akan menjalankannya dengan ringan dan senang hati.

Maka begitu pula seorang yang melaksanakan shalat Tarawih, ketika ia benar-benar mampu menghayati hikmah Tarawih, maka ibadah yang terlihat berat ini akan dijalani dengan penuh kekhusyu'an dan hati yang ringan.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!