06 June 2018

Hikmah Dan Manfaat Shalat Tarawih Di Bulan Ramadhan

Hikmah dan manfaat shalat Tarawih di bulan Ramadhan

Salah satu ibadah yang sangat disunahkan pada bulan ramadhan adalah shalat tarawih. Salat tarawih berbeda dengan salat sunnah lainnya karena jumlah rakaatnya yang banyak. Kata tarawih berasal dari bahasa Arab. Akar katanya adalah, raha-yaruhu-rahatan. Artinya istirahat. Kata ini dipakai karena salat tarawih bisa diselingi istirahat sejenak. Secara istilah, salat tarawih adalah shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari selama bulan ramadan. Waktunya yaitu sesudah shalat isya' sampai mendekati waktu subuh.  Hukum Salat Tarawih adalah sunnah muakkad. Artinya, amalan yang sangat dianjurkan dan bahkan mendekati wajib. Awalnya Rasulullah mengerjakan salat ini secara berjamaah di masjid. Namun, Rasulullah khawatir salat ini akan diwajibkan oleh Allah swt. dan nantinya akan memberatkan umatnya di akhir zaman. Akhirnya, Rasulullah saw. mengerjakan salat ini di rumah.

Hikmah Dan Manfaat Shalat Tarawih
Shalat tarawih berjamaah

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِى قِياَمِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِاَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيْهِ بِعَزِيْمَةٍ فَيَقُوْلُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ اِيْمَانًاوَاحْتِسَابًاغُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a. telah menceritakan bahwasannya Rasulullah SAW. selalu menganjurkan untuk melakukan qiyam (salat sunnah) di bulan Ramadan, tetapi tidak memerintahkan mereka dengan perintah yang tegas (wajib). Untuk itu, beliau bersabda, Barang siapa mengajarkan salat (sunnah di malam hari) pada bulan Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala (Allah), niscaya dosa-dosanya yang terdahulu diampuni. (H.R Bukhari dan Muslim)

Hikmah dan Manfaat Shalat Tarawih

Segala perbuatan yang diperintahkan oleh Allah pasti  mempunyai hikmah dan manfaat yang besar. Hikmah shalat Tarawih adalah sebagai berikut.

  1. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt sebab pahalanya oleh Allah Swt pada bulan ramadan seluruh amal kebaikan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.
  2. Menyempurnakan ibadah puasa. Ibadah puasa kita di siang hari akan menjadi sempurna jika malam harinya digunakan beribadah pada Allah Swt.
  3. Mempererat silaturrahmi dan persaudaraan. Umat Islam yang tarawih di masjid menjadi sering bertemu, atau ketika berangkat atau pulang bersama-sama. Hal ini akan menambah persaudaraan.
  4. Syiar islam. Maksudnya, orang-orang non muslim atau orang yang belum mau beribadah dengan baik akan tertarik dengan banyaknya manusia menuju masjid ketika bulan ramadan untuk melaksanakan salat Tarawih.
Jika seorang memahami maksud hikmah dan manfaat dari apa yang dilakukan, maka tentulah ia akan menjalankannya dengan ringan dan senang hati. Maka begitu pula seorang yang melaksanakan shalat Tarawih, ketika ia benar-benar mampu menghayati hikmah Tarawih, maka ibadah yang terlihat berat ini akan dijalani dengan penuh kekhusyu'an dan hati yang ringan.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon