Contoh Proposal Pesantren Kilat Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa bagi ummat Islam, karena di bulan tersebut umat Islam dibina langsung oleh Allah SWT untuk terus bersabar mengendalikan hawa nafsu melalui ibadah puasa sebagai ibadah sirri yang orang lain tidak mengetahui keihklasan orang yang melaksanakan ibadah puasa kecuali dirinya sendiri.

Proposal Pesantren Ramadhan
Contoh Proposal Pesantren Ramadhan Tahun 2018
Ibadah puasa di mana setiap pribadi yang melaksanakan puasa tidak makan tidak minum selama + 12 jam bukanlah ibadah yang diperuntukkan orang-orang untuk bermalas-malasan karena akan tumbuh rasa kurang keikhlasan melaksanakan puasa.

Oleh karena itu melalui ibadah puasa sangatlah baik untuk tetap melakukan kegiatan pembelajaran. Akan tetapi kegiatan pembelajaran pun sangatlah kurang baik apabila kegiatannya memakan energi yang berlebihan yang akan mempengaruhi stamina tubuh.

Sehubungan dengan hal itu melalui kegiatan Pesantren Ramadhan sangatlah tepat kita sajikan untuk peserta didik baik di tingkat SD, SMP SMA/SMK atau sederajat. Penyelenggaraan Pesantren Ramadhan yang relatif singkat tersebut diharapkan dapat menjadi wadah penyegaran moral dalam rangka mengingatkan dan mengembalikan tingkat keimanan dan ketakwaan umat Islam khususnya bagi semua warga belajar pada tingkat yang lebih baik.

Maksud dan tujuan diadakannya pesantren ramadhan

Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah :
  1. Memberikan petunjuk sistem pelaksanaan kegiatan Pesantren Ramadhan kepada para pembina dan peserta didik.
  2. Memberikan bekal nilai-nilai Islami yang tepat untuk perkembangan jiwa peserta didik.
  3. Kegiatan Pesantren Ramadhan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang Ajaran Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 


Dengan latar belakang tersebut, maka maksud penyusunan program Pesantren Ramadhan ini adalah untuk memberikan acuan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan bagi para pembina dan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan Pesantren di bulan ramadhan. 

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!