08 May 2018

Download Aplikasi Pengolahan Nilai dan Cetak Ijazah SD Tahun 2018

Download Aplikasi Pengolahan Nilai dan Cetak Ijazah SD Tahun 2018

USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) Tahun Pelajaran 2017/2018 telah berakhir. Seperti tahun-tahun sebelumnya, guru kelas 6 dengan dibantu oleh operator sekolah harus sudah mempersiapkan nilai dari hasil Ujian Sekolah yang nanti dituangkan pada aplikasi pengolahan nilai ijazah. Guru kelas 6 akan melakukan akumulasi data nilai akhir, yaitu gabungan nilai rata-rata rapor dengan nilai USBN.

Agar lebih mudah dalam pengisian nilai, kita dapat menggunakan aplikasi yang dikhususkan untuk pengolahan nilai dan cetak ijazah tahun 2018 yang sudah barang tentu sangat penting untuk mempermudah bagi guru kelas 6 atau operator sekolah yang membantu mengentry nilainya.

Aplikasi pengolahan nilai ijazah SD
Aplikasi pengolahan nilai dan cetak ijazah
Aplikasi pengolahan nilai dan cetak ijazah ini sangat mudah untuk dioperasikannya. Aplikasi ini menggunakna format .xls. Yang didalamnya terdapat kolom pengisian nilai rata-rata rapor untuk tingkat Sekolah Dasar yang diambil dari rata-rata nilai semester 7, 8, 9, 10, dan 11 dan gabungan nilai-rata-rata rapor dengan nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Untuk mendownload aplikasi pengolahan nilai dan cetak ijazah SD Tahun 2018, anda dapat mengklik tautan berikut :

"Aplikasi pengolahan nilai dan cetak ijazah SD Tahun Pelajaran 2017/2018"
Aplikasi ini dibuat berdasarkan petunjuk teknis penulisan ijazah SD Tahun Pelajaran 2017/2018 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud dengan Nomor 016/HEP/2018 tentang bentuk, spesifikasi, dan pengisian blangko ijazah. Juknis tersebut berisikan petunjuk umum dan petunjuk khusus yang dapat dijadikan acuan dalam penulisan ijazah untuk tingkat Sekolah Dasar.

Terdapat tiga jenis ijazah untuk jenjang Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018 ini, yaitu :
  1. Ijazah untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum 2006 
  2. Ijazah untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013, dan;
  3. Ijazah untuk Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK).
Cetak blanko ijazah SD
Contoh blanko ijazah SD Tahun 2018
Perbedaan ijazah tersebut terletak pada Daftar Nilai yang terletak di halaman belakang dan kode blangko yang terletak di halaman muka. Petunjuk khusus pengisian blangko ijazah SD tahun 2018 dibagi dalam petunjuk pengisian blangko ijazah halaman depan dan dan halaman belakang. Halaman depan berisi tentang petunjuk penulisan nama Kepala Sekolah, nama siswa, orang tua, tanggal lahir, pengisian nomor induk siswa nasional pemilik ijazah, dan sebagainya. Sedangkan halaman belakang ijazah memuat nilai siswa, dan identitas siswa. Untuk lebih jelasnya, anda dapat mendownload juknis pengisian blanko ijazah SD Tahun Pelajaran 2017/2018 pada link tersebut.

Ijazah ditulis tangan dengan huruf kapital yang baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapús. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, ataú di tipe-ex dan harus diganti dengan blangko yang baru.

Itulah cara download aplikasi pengolahan nilai dan cetak ijazah SD Tahun 2018 beserta dengan petunjuk teknis penulisan ijazah SD Tahun 2018


Baca Juga : Juknis penulisan blanko ijazah SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

Baca Juga :

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon