Kewajiban Memakai Jilbab Bagi Wanita

Secara etimologi, Sebuah pakaian yang longgar yang menutup seluruh tubuh perempuan kecuali muka dan kedua telapak tangan disebut dengan Jilbab. Dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah Khimar, dan dalam bahasa Inggris yaitu veil. Selain kata jilbab, pakaian tersebut juga dikenal dengan kerudung, hijab dan lain sebagaianya.

Kewajiban Memakai Jilbab
foto (doc. Syahrie)
Seperti yang kita ketahui semua, pakaian adalah barang yang dikenakan pada tubuh kita seperti baju, celana dan sebagainya atau lebih dikenal juga dengan sebutan busana. Jadi, busana muslim artinya pakaian yang dikenakan oleh perempuan yang beragama islam. 

Berdasarkan makna tersebut, Busana muslim dapat juga diartikan sebagai pakaian wanita islam yang menutupi aurat yang diwajibkan oleh agama untuk menutupinya guna kemaslahatan dan kebaikan dari pada wanita itu sendiri serta pada masyarakat dimana ia berada.

Menutup aurat sesungguhnya perintah Allah SWT. Yang dilakukan secara bertahap. Perintah menutup aurat bagi perempuan pada awalnya diperintahkan kepada para istri Nabi Muhammad SAW, agar tidak berbuat seperti kebanyakan perempuan pada saat itu (Q.S. Al-Ahzab/33:32-33), kemudian Allah memerintahkan kepada istri-istri Nabi Muhammad agar tidak berhadapan langsung dengan laki-laki yang bukan mahramnya (Q.S. Al-Ahzab/33:53).

Kemudian, karena istri-istri Nabi juga perlu keluar rumah untuk mencari kebutuhan rumah tangga, maka Allah memerintahkan mereka untuk menutup aurat apabila hendak keluar rumah (Q.S. Al-Ahzab/33:59). 

Pada ayat ini, Allah memerintahkan untuk memakai jilbab bukan hanya kepada istri-istri Nabi dan anak-anak perempuannya, tetapi juga kepada istri-istri orang yang beriman. Dengan demikian, menutup aurat atau berbusana muslim adalah wajib hukumnya bagi seluruh wanita yang beriman, karena sudah jelas disebutkan dalam firman Allah SWT.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!