14 February 2018

Jangan Anggap Remeh Cegukan

Sering cegukan, jangan anggap remeh

Tentunya kita sering sekali mengalami cegukan, biasanya tanpa disadari terlebih dahulu. Cegukan sering kali terjadi karena diantaranya kita terlau terburu-buru pada saat mengkonsumsi makanan dan minum yang terlalu banyak. Cegukan sendiri terjadi karena kontraksi pada otot diafragma, yaitu otot yang membatasi dada dan perut yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak disadari. Saat kontraksi tersebut terjadi, pita suara menutup hingga menimbulkan suara cegukan.

Pada umumnya, cegukan hanya berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit.  Cegukan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari makan atau minum terlalu cepat dan banyak, mengonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol dan bersoda, merokok, terkena stroke, terkena penyakit tumor otak, mengonsumsi obat-obatan tertentu, karena baru saja menjalani operasi di daerah perut, dan mengalami kelainan yang mengiritasi saraf pada otot diafragma.

Cegukan dapat didiagnosis hanya dari wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Namun untuk mengetahui penyebabnya, perlu dilakukan berbagai pemeriksaan penunjang yang relevan dengan hal-hal yang dicurigai.

Cegukan
Cegukan (doc. youtube)
Cegukan sendiri sudah merupakan suatu gejala. Saat cegukan, biasanya orang tersebut akan merasakan sedikit dorongan dan peningkatan tekanan dalam rongga perut, dada, dan keluarnya bunyi ‘hik’.
Untuk pengobatannya dapat dilakukan dengan beberapa cara yang praktis dan dapat dilakukan sendiri di rumah, seperti menahan nafas, serta meminum atau berkumur dengan segelas air. Tetapi jika cegukan tidak segera hilang juga dalam dua hari, maka segeralah mengkonsumsi obat yang khusus untuk membantu mengatasi cegukan. 

Tetapi jika obat tidak dapat membantu, maka harus dilakukan operasi saraf frenikus yaitu saraf yang mengontrol otot diafragma. Dan itu menjadi senjata terakhir untuk meredakan cegukan tersebut, Tetapi biasanya jarang terjadi hal seperti itu.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon