09 February 2018

Cara Menambahkan Kop Sekolah Pada Aplikasi Dapodik 2018.b

Cara Menambahkan Kop Sekolah Pada Aplikasi Dapodik 2018.b

Pada pembaruan aplikasi dapodik versi 2018.b ini yang saya baca dari halaman berita pada website Dapodikdasmen diantaranya adalah terdapat menu pembaruan penambahan fitur perubahan kop sekolah. Fitur perubahan kop sekolah ini kita dapat menemukannya melalui menu pengaturan.



Langkah-langkah menambahkan kop sekolah pada aplikasi dapodik 2018.b

Untuk lebih lengkapnya akan saya bagikan langkah-langkah menambahkan kop sekolah pada aplikasi dapodik 2018.b

kop sekolah pada aplikasi dapodik 2018.b

  1. Seperti biasa kita login terlebih dahulu pada aplikasi dapodik dengan menggunakan Username, Password yang kita gunakan pada saat registrasi. Jangan lupa juga pilih tahun pelajaran yang sedang berjalan saat ini, yakni tahun pelajaran 2017/2018.
  2. Setelah berhasil login, maka akan tampil halaman beranda yang menampilkan berbagai menu, termasuk profil sekolah.
  3. Untuk menambahkan kop sekolah, arahkan kursor pada menu pengaturan.
  4. Setelah itu klik menu ubah kop sekolah yang berwarna orange  
  5. Kemudian kita tambahkan gambar yang sudah disipakan sebelumnya dengan ekstensi berupa format jpg, jpeg dan png dengan ukuran gambar maksimal 2Mb   
  6. Agar gambar yang dihasilkan lebih maksimal, maka disarankan gambar dengan ukuran 700x300, seperti contoh gambar kop sekolah  diatas.
  7. Setelah gambar dipilih, kemudian klik simpan. Secara otomatis gambar kop sekolah yang kita tambahkan akan tampil.
Untuk melihat hasilnya kita dapat mencetaknya langsung. Pada menu GTK kita pilih salah satu guru, klik menu profil guru yang berada diata, maka akan muncul Profil Guru dengan tampilan kop sekolah diatasnya (seperti pada gambar paling atas). Selain itu juga jika kita telah memutasikan salah satu siswa, maka akan terdapat kop sekolah pada surat keterangan pindah/keluar siswa tersebut.

Demikian langkah-langkah untuk menambahkan perubahan kop sekolah pada aplikasi dapodik, semoga apa yang saya bagikan kali ini bermanfaat untuk sahabat operator sekolah semuanya.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon