04 February 2018

Cara Download dan Install Ulang Aplikasi Dapodik Versi 2018.b

Cara Download dan Install Ulang Aplikasi Dapodik Versi 2018.b

Bagi sahabat operator sekolah tentunya tidak asing lagi dengan istilah Dapodik, karena dapodik adalah suata sistem pendataan berskala Nasional yang terpadu dan merupakan sumber data utama pendidikan yang merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Dapodik merupakan aplikasi online yang dapat diakses oleh seluruh sekolah untuk mengentry dan mengolah data baik data peserta didik, pendidik, tenaga pendidikan hingga profil sekolah itu sendiri.  

Pada akhir bulan Januari 2018 kemarin, Ditjen Dikdasmen telah merilis Aplikasi Dapodik dengan versi terbarunya yakni Versi 2018.b yaitu pembaruan dari aplikasi dapodik versi sebelumnya pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018.

Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.b ini memiliki beberapa perubahan/pembaruan dari versi sebelumnya sesuai dengan rilisnya pada laman Berita Dapodikdasmen yakni diantaranya:
  1. [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data penugasan GTK, perubahan hanya melalui Dinas Pendidikan (KK-Datadik)
  2. [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada GTK dengan status penugasan induk di sekolah negeri namun status kepegawaian sebagai GTY
  3. [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada peserta didik antara tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran
  4. [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data GTK jika status satuan administrasi pangkal (SATMINKAL) ada di sekolah non induk
  5. [Pembaruan] Penambahan validasi pada jenjang SMA dan SMK untuk Wakil Kepala Sekolah mengikuti rasio rombel (1:9)
  6. [Pembaruan] Penambahan fitur tampilkan password ketika buat akun GTK
  7. [Pembaruan] Penambahan validasi untuk mengecek mata pelajaran yang diajarkan diluar struktur kurikulum yang berlaku
  8. [Pembaruan] Pencegahan perubahan tingkat pendidikan, kurikulum dan jurusan pada rombongan belajar jika pembelajaran sudah terisi
  9. [Pembaruan] Penambahan kolom lintang dan bujur pada PTK
  10. [Pembaruan] Penambahan kolom lintang dan bujur pada Peserta Didik
  11. [Pembaruan] Pengaktifan kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan
  12. [Pembaruan] Perubahan menu utama
  13. [Pembaruan] Penambahan pada rombongan belajar untuk mengakomodir sistem Satuan Kredit Semester (SKS)
  14. [Pembaruan] Penambahan fitur konfirmasi dan cetak surat mutasi peserta didik
  15. [Pembaruan] Penambahan fitur cek informasi terkait profil guru dan tendik
  16. [Pembaruan] Perubahan, penyesuaian dan penyempurnaan struktur database dengan UI pada aplikasi
  17. [Pembaruan] Penambahan fitur perubahan kop sekolah
  18. [Perbaikan] Pengaktifan kembali menu nilai
  19. [Perbaikan] Perbaikan, penyesuaian dan penyempurnaan fitur penginputan nilai
  20. [Perbaikan] Perbaikan security aplikasi
  21. [Perbaikan] Optimalisasi aplikasi
  22. [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika menambah mata pelajaran untuk jenjang SMA
  23. [Perbaikan] Perbaikan pengisian rombel praktik untuk jenjang SMK


Langkah-langkah install ulang aplikasi dapodik versi 2018.b

Setelah sahabat operator sekolah semua mengetahui beberapa perubahan yang ada pada aplikasi dapodik versi 2018.b ini, selanjutnya kita beralih ke tahap cara menginstall aplikasinya.
  1. Download terlebih dahulu Installer nya, bisa sahabat operator sekolah dapat mengunduhnya langsung di halaman Dapodikdasmen
  2. Uninstall terlebih dahulu aplikasi Dapodik versi 2018.a dengan cara arahkan kursor ke menu start pada PC sahabat semua, selanjutnya pilih Control Panel dan buka Programs and Features kemudian klik uninstall.
  3. Setelah aplikasi dapodik versi 2018.a selesai ter-uninstall, langkah selanjutnya yaitu Install Aplikasi dapodik versi 2018.b yang sudah kita download dengan cara klik dua kali atau klik kanan kemudian pilih Run as administrator dan ikuti petunjuknya hingga selesai.
  4. Buka Aplikasi Dapodik versi 2018.b yang sudah selesai kita install tersebut pada tampilan layar desktop, kemudian lakukan registrasi ulang dengan cara registrasi online maupun offline. terserah pilihan sahabat operator sekolah semua yang dianggap lebih mudah. 
  5. Isi semua kolom-kolom yang tersedia diantaranya memasukan username dengan email yang sudah pernah digunakan untuk registrasi pada aplikasi dapodik terdahulu, kemudian memasukan password dan konfirmasi password. setelah kolom-kolom tersebut terisi semua kemudian klik Submit.
  6. Setelah registrasi berhasil, maka akan tampil layar aplikasi dapodik versi 2018.b dan sahabat operator semua diarahkan untuk log in dengan menggunakan email dan password yang digunakan pada saat registrasi ulang tersebut.
Demikian langkah-langkah untuk men-download dan meng-install aplikasi dapodik versi 2018.b untuk tahun pelajaran 2017/2018 pada semester genap.
Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk sahabat operator semuanya.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon