Ketahui Mitos dan Fakta yang Banyak Beredar Tentang Asuransi

Mungkin anda masih ingat kejadian beberapa waktu yang lalu yang sempat viral di media sosial tentang tuduhan Prudential penipu. Tuduhan tersebut berasal dari keluhan para nasabah Prudential yang meng-klaim tidak bisa mendapatkan hak-haknya.
Kendati demikian, tuduhan tersebut berbeda dengan kenyataan. Jika dilihat dari perolehan premi dengan besarnya kepercayaan masyarakat, Prudential Indonesia sampai saat ini masih menjadi salah satu brand unggulan asuransi di Indonesia.

Pada akhir tahun 2022, Prudential telah mengantongi pendapatan premi sebesar Rp19,78 triliun (unaudited). Bahkan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah mencatat perolehan premi asuransi jiwa di akhir tahun 2022 mencapai hingga Rp169,95 triliun, itu berarti sebanding dengan premi yang diperoleh Prudential Indonesia.

Dengan tetap berfokus untuk mendukung masyarakat agar yakin melangkah bersama Prudential Indonesia menuju masa depan dan bisa mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan, Prudential Indonesia berupaya membantu masyarakat menjadi lebih berdaya bersama asuransi jiwa dengan terus meningkatkan standar kualitas pelayanan.

Mitos dan Fakta Tentang Asuransi

Terlepas dari hal tersebut di atas, sayangnya masyarakat Indonesia masih belum menyadari pentingnya asuransi. Asuransi dianggap sebagai kebutuhan tersier, dan hanya masyarakat dari golongan tertentu saja yang memiliki asuransi.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya tingkat pengetahuan tentang asuransi di masyarakat. Salah satunya yaitu masih berkembangnya sejumlah mitos yang salah tentang asuransi yang masih dipercaya oleh publik hingga kini.

1. Biaya Premi Asuransi Mahal

Anggapan masyarakat tentang biaya premi asuransi selalu mahal, padahal besaran biaya premi tergantung pada beberapa faktor, termasuk umur, jenis kelamin, kesehatan, kebiasaan hidup, dan jumlah perlindungan yang diperlukan.

Jika dilihat dari manfaatnya, biaya premi sebenarnya bisa dikatakan tidaklah mahal. Biaya premi bervariasi tergantung dari jenis produk asuransi yang dipilih.

2. Anggapan Asuransi Sama dengan Investasi

Masih banyaknya anggapan masyarakat jika asuransi itu sama hal nya dengan investasi. Padahal asuransi merupakan perlindungan yang memberikan manfaat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh pemegangnya.

Sedangkan investasi sendiri merupakan pengelolaan uang dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dengan cara membeli instrumen investasi, seperti saham, obligasi atau reksadana.

3. Asuransi Hanya Dibutuhkan oleh Orang Tua

Anggapan yang salah mengenai asuransi juga sempat terdengar jika asuransi itu hanya dibutuhkan oleh orang tua saja. Alasannya, karena risiko kematian dan kesehatan pada orang tua cenderung lebih tinggi. Padahal, fakta sebenarnya perlindungan asuransi dibutuhkan oleh siapa pun dan di usia berapa pun.

4. Proses Pengajuan Klaim Asuransi Sulit

Mitos vs fakta di asuransi yang lain yaitu proses pengajuan klaim asuransi yang sulit dan ribet. Padahal, fakta sebenarnya untuk mengajukan klaim asuransi sangatlah mudah. Pemegang asuransi dapat melakukan klaim jika semua persyaratan klaim sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan polis maka ajuan klaim akan disetujui.

Manfaat Produk Asuransi Jiwa Prudential Indonesia

Terlepas dari mitos dan fakta yang banyak beredar tentang asuransi, Prudential Indonesia sendiri telah ikut serta dalam membentuk masyarakat Indonesia yang berdaya melalui sejumlah produk perlindungan jiwa, diantaranya:
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • PAYDI (Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi)
 
sumber gambar: https://www.prudential.co.id/
Dari ketiga produk perlindungan jiwa yang diberikan oleh Prudential, berikut ini manfaat ketiga jenis produk asuransi Prudential Indonesia:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan produk proteksi jiwa dalam bentuk pengalihan risiko secara ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan dalam asuransi. Dengan memiliki asuransi jiwa, nasabah akan terlindungi secara ekonomi dari risiko terhadap pencari nafkah selama masa-masa produktif; atau untuk persiapan hari tua.

2. Asuransi Kesehatan

Produk asuransi kesehatan dari Prudential Indonesia ini memberikan jaminan pada tertanggung untuk mengganti setiap biaya pengobatan. Perusahaan akan membayar seluruh biaya perawatan, pembedahan dan obat-obatan sebagaimana yang dikeluarkan oleh pasien atau tertanggung sesuai ketentuan polis.

3. PAYDI (Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi)

PAYDI (Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi) merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan solusi keuangan jangka panjang dengan memberikan perlindungan sesuai pilihan nasabah disertai dengan unsur potensi hasil investasi dalam bentuk nilai tunai.

Dari ketiga jenis produk asuransi Prudential Indonesia tersebut di atas, manfaat perlindungan akan diperoleh nasabah saat terjadi risiko terhadap kesehatan dan jiwa terjadi dan tujuan utamanya untuk memberikan perlindungan jiwa.

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan perusahaan dari Prudential plc yang didirikan pada tahun 1995 yakni sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris.

Perusahaan yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset dengan menggabungkan pengalaman internasional di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak lebih dari 20 tahun, Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk produk yang dikaitkan dengan investasi. Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hingga kini, Prudential Indonesia telah memiliki 6 kantor pemasaran dan 356 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) serta didukung oleh lebih dari 150.000 Tenaga Pemasar berlisensi.

Penutup

Meski sempat menjamur di masyarakat Indonesia tentang mitos vs fakta di asuransi, kepercayaan masyarakat Indonesia dalam memilih Prudential sebagai mitra dalam penyediaan solusi perlindungan dan investasi masih sangat kuat.

Berkat kepercayaan yang diberikan oleh nasabah Prudential Indonesia serta tata kelola perusahaan yang baik untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan, Prudential tetap setia mendampingi dan melindungi ketahanan finansial nasabah serta keluarganya.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Post a Comment

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!