Lebih Dekat dengan Arsjad Rasjid, Pebisnis yang Menjabat Ketum Kadin

Prestasinya yang luar biasa membuat nama Arjad Rasjid semakin dikenal usai menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Presiden Direktur PT Indika energy Tbk ini pun tidak berhenti membagikan ilmunya melalui jabatan yang diampu.
Mengenal lebih dekat dengan Arsjad Rasjid, pebisnis muda Ketua Umum Kadin
Sumber: https://arsjadrasjid.com/pentingnya-rasa-syukur/
Beliau juga meluncurkan portal arsjadrasjid.com yang berisi motivasi, inspirasi dan berbagai kegiatan dan prestasi yang telah dicapai. Berkat portal ini pula informasi mengenai perkembangan dunia bisnis pun lebih mudah dipahami oleh masyarakat. Lalu seperti apa profil dan apa saja prestasi yang pernah beliau dapatkan?

Profil Singkat Arsjad Rasjid

Pria kelahiran Jakarta, 16 Maret 1970 ini bernama lengkap M. Arsjad Rasjid P.M merupakan anak dari H.M.N Rasjid dan Hj. Suniawati. Pendidikan pertama setelah lulus SMA yang dilakukannya yakni tahun 1990 ada di University of Southern California di bidang Computer Engineering.

Tidak berhenti di situ saja, beliau pun menyelesaikan pendidikan di Universitas Pepperdine, Amerika Serikat pada tahun 1993 bidang Administrasi Bisnis. Pendidikannya pun berlanjut di Universitas Yale, Amerika Serikat dalam program Executive Education on Leadership and Decision Making in the 21st Century.

Berkat kegigihannya dalam mengampu pendidikan, karirnya sebagai pebisnis pun naik pada saat menjadi Presiden Direktur PT Indika Energi Tbk sejak 2005. Semenjak kepemimpinannya, aset perusahaan pun meningkat sekitar 7 kali lipat dari yang tadinya 2,78 triliun menjadi 18.28 triliun.

Sebuah prestasi tentunya untuk bisa meningkatkan angka tersebut hanya dalam waktu 6 tahun saja. Saat ini aset terbaru perusahaan yang dimiliki diprediksi ada di angka 50 triliun. Tidak heran jika pada tahun 2021 beliau diangkat menjadi Ketum Kadin hingga 2026 nanti.

Segudang Prestasi Arsjad Rasjid

Bukan hanya berhasil memajukan perusahaannya, Arsjad Rasjid juga berhasil mengantongi sederet prestasi yang mengagumkan. Apa saja prestasinya yang patut untuk dicontoh? Berikut deretannya.

1. Meraih Penghargaan Global Growth Company 

Pada tahun 2010, Arsjad Rasjid berhasil meraih penghargaan dari World Economic Forum. Penghargaan ini beliau dapatkan berkat prestasinya memajukan PT Indika Energi Tbk. Penghargaan ini juga menjadi pertama kalinya didapatkan oleh Indonesia.

2. Meraih Penghargaan Best Executive in Indonesia 

Pada tahun 2010, Arsjad Rasjid juga mendapatkan penghargaan sebagai Best Executive in Indonesia dari Asiamoney. Penghargaan ini diperolehnya berkat konsistensi dan inovasi yang tidak pernah berhenti.

3. Meraih Posisi sebagai Young Global Leader 

Tidak berlangsung lama, di tahun berikutnya yakni 2011, Arsjad Rasjid meraih penghargaan lagi dari World Economic Forum sebagai Young Global Leader. Hal ini dikarenakan secara personal beliau berhasil menjadi pemimpin yang dipercaya dan teladan.

Perjalanan Karir Arsjad Rasjid

Berhasil mendapatkan banyak prestasi, seperti apakah perjalanan karirnya setelah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Indika Energi Tbk di tahun 2005 sampai sekarang? Berikut ini perjalanan karirnya yang sukses.

1. Ketum Kadin 

Perjalanannya sebagai Ketum Kadin Indonesia selama 5 tahun dari 2021 hingga 2026 tidaklah mudah. Beliau telah melakukan musyawarah mufakat dengan lawan calonnya saat itu yaitu Anindya Bakrie. Pada akhirnya Arsjad terpilih sebagai Ketum Kadin sedangkan Anindya Bakrie yang menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin.

2. Panitia Pengarah Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi 

Di tahun 2022, Arsjad juga pernah menjadi Panitia Pengarah Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi. Penunjukannya ini terdapat pada Peraturan Presiden (Perpres) No. 68/ 2022 mengenai Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi.

3. Ketua ASEAN Business Advisory Council 

Pada tahun 2023 kemarin, Arsjad terpilih sebagai Ketua ASEAN Business Advisory Council. Selama kepemimpinannya, Arsjad memiliki roadmap untuk mempercepat pertumbuhan ASEAN yakni melalui digital transformation, sustainable development, food security, health resilience dan trade and investment facilitation.

4. Ketum Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia 

Periode 2023-2027, Arsjad juga menjadi Ketum PB Perpani yang menang mendapatkan 18 suara. Selama menjabat, Arsjad berencana untuk mendorong transformasi organisasi pada pengembangan SDM, kelayakan sarana dan prasarana, dan mendorong panahan barebow dan jemparingan agar maju di perlombaan nasional.
Baca juga:

Begitu banyak karir dan prestasinya yang tentu sangat mengagumkan dan pantas untuk dicontoh. Kegigihannya dalam mengembangkan Indonesia di berbagai bidang juga patut diacungi jempol. 

Sumber: 
https://kadin.id/tentang/ketum/
https://mediaindonesia.com/ekonomi/409152/arsjad-rasjid-dinilai-miliki-segudang-prestasi
https://esensi.tv/deretan-prestasi-arsjad-rasjid-pengusaha-sukses-hingga-kontributor-sosial/

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!