Cegah Sakit Gigi dengan Lakukan Hal Sepele Berikut Sebelum Terlambat

"Daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi ini biar tak mengapa, rela, rela, rela, aku relakan... Rela, rela, rela, aku rela..." Mungkin kalian pernah dengar lirik lagu dangdut era 90-an yang dinyanyikan oleh almarhum Meggy Z ini, kan?
Lakukan hal sepele ini sebelum mengalami sakit gigi

Ya, menurut almarhum, dalam petikan lagunya tersebut, beliau mengungkapkan lebih rela "sakit gigi daripada sakit hati", tapi bagi banyak orang, merasakan sakit gigi juga sangatlah menyiksa. Iya sih, kalau dibanding dengan sakit hati, pasti lebih memilih sakit gigi.

Tapi kalau saya sendiri lebih baik tidak merasakan sakit keduanya. Eit, itu hanya sepenggal lagu yang dijadikan sebagai kiasan saja ya. Kalau dalam kehidupan nyata pasti semua orang tidak mau merasakan keduanya, terlebih sakit tapi tak berdarah (sakit hati), ya kan?.

Penyebab Utama Sakit Gigi

Ngomong-ngomong tentang sakit gigi, menurut dr. Tjin Willy dalam bukunya beliau mengungkapkan jika sakit gigi merupakan kondisi ketika timbul rasa nyeri dibagian dalam atau di area sekitar gigi dan rahang.

Biasanya tingkat keparahan rasa sakit tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Rasa nyeri pada gigi ini akan dialami secara terus-menerus, terkadang hilang-timbul, dan itu sangat menyiksa. Sakit gigi ini tidak hanya di derita oleh orang dewasa, pada anak-anak usia dini juga sering diderita, penyebabnya karena karies gigi atau gigi berlubang.

Faktor-faktor Penyebab Sakit Gigi

Masalah gigi berlubang ini sering dijumpai pada bagian rongga mulut, dan salah satu penyebab utamanyanya adalah menumpuknya plak pada permukaan gigi. Plak dapat terbentuk jika kita mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat atau gula.

Jika kita tidak rutin membersihkan gigi, maka plak akan mudah menempel pada permukaan gigi. Plak sendiri merupakan kumpulan dari bakteri, asam, dan saliva (air liur) yang melekat erat pada rongga mulut sehingga mengakibatkan gigi berlubang.
Baca juga:
Selain faktor makanan yang mengandung gula, penyebab lain dari sakit gigi yaitu kebiasaan menyikat gigi di waktu yang kurang tepat secara terus menerus, struktur gigi, serta mikroorganisme mulut yang jumlahnya tidak seimbang antara bakteri baik dan bakteri jahat.

Perilaku seseorang dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut dipengaruhi oleh pengetahuan tentang menyikat gigi. Kurangnya pengetahuan tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu penyebab seseorang mengabaikan masalah kesehatan gigi dan mulutnya.

Upaya Pencegahan Sakit Gigi

Kesadaran dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut perlu dibiasakan sejak dini sebagai upaya pencegahan masalah gigi dan mulut. Faktor yang mempengaruhi pengetahuan seseorang adalah pendidikan, pekerjaan, usia, minat, pengalaman, kebudayaan lingkungan sekitar, dan informasi.

1. Rutin Sikat Gigi

Upaya pencegahan sakit gigi adalah dengan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Pemeliharaan kesehatan mulut serta pencegahan gigi berlubang dapat dilakukan secara mandiri yaitu dengan menyikat gigi secara rutin setiap hari minimal dua kali sehari.

2. Rutin Periksa Kesehatan Gigi

Selain rutin menyikat gigi, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi secara berkala juga perlu dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan kesehatan gigi terpantau dengan baik meski tidak memiliki keluhan sakit gigi.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan manis yang dapat memicu berkembangnya bakteri jahat pada mulut.

4. Banyak Makan Makanan Berserat

Dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buah-buahan dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Buah tinggi serat berperan membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

Penutup

Itulah beberapa upaya yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan gigi dengan baik. Salah satu situs yang dapat dijadikan rujukan untuk mengetahui segala informasi tentang kesehatan dan informasi lainnya dapat mengunjungi website beranda.co.id.
Baca juga:
Beranda.co.id sendiri merupakan portal berita online yang menyajikan informasi yang akurat, terpercaya dan terbaru yang bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi generasi Milenial dan gen-Z.

Gimana, masih malas menjaga kesehatan gigi?, ingat, pepatah mengatakan "Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati". Karena itulah penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan gigi sejak dini.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!