Bingung Simpan Penghasilan? Yuk Mulai Investasi

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ada banyak cara untuk menyimpan penghasilan selain menabung. Anda pasti familiar dengan investasi berbentuk Obligasi Pemerintah yang dapat membantu Anda menyimpan pundi-pundi penghasilan yang diraih.

Berinvestasi obligasi di Digibank by DBS Treasures
Gambar: https://www.pexels.com/id-id/foto/meja-tulis-laptop-keuangan-layar-4911384/
Banyak cara untuk menyimpan penghasilan, tapi terkadang Anda ragu untuk memulai dan memiliki kekhawatiran tentang kerugian yang akan didapat. Jangan khawatir, jika Anda mengetahui definisi singkat dan tips untuk membeli investasi jenis Obligasi, maka kekhawatiran tersebut tidak perlu Anda alami.

Definisi Tentang Obligasi Pemerintah

Jika Anda belum mengerti tentang investasi jenis Obligasi, tentu Anda wajib menyimak sedikit definisi tentang obligasi. Investasi Obligasi Pemerintah adalah investasi surat berharga yang dikeluarkan oleh pemerintah, yang mana berbentuk sekuritas. Untuk pihak yang menerbitkan Obligasi ini disebut dengan istilah Debitur atau Peminjam.

Untuk jangka investasi, Obligasi diterbitkan di atas 10 tahun yang mana di negara Indonesia, surat berharga Obligasi disebut sebagai Surat Utang Negara (SUN). Sedangkan, Obligasi dengan jangka di bawah 1 tahun milik pemerintah disebut sebagai Surat Perbendaharaan Negara (SPN).

Namun, jika menurut Anda apabila jangka waktu 10 tahun terlalu lama. Anda dapat mencoba Obligasi jenis Obligasi Pemerintah dengan mata uang IDR Ritel: SR & OR. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk berinvestasi dengan cara menyimpan pada Obligasi karena variasi jangka terbit tersebut.

5 Tips Memulai Investasi Obligasi
Gambar: https://www.pexels.com/id-id/foto/laptop-buku-catatan-komputer-tampilan-7567486/

5 Tips Memulai Investasi Obligasi

Sekelumit definisi tentang investasi Obligasi Pemerintah adalah hal pertama yang wajib Anda ketahui. Maka selanjutnya, Anda dapat menyimak tips-tips memulai investasi jenis Obligasi ini. Tujuannya, agar Anda semakin yakin bahwa Obligasi menjadi investasi tepat sebagai wadah menyimpan pundi-pundi penghasilan Anda.

Jika Anda berminat untuk berinvestasi Obligasi, kenali dulu tips dan cara memulainya agar tidak terkecoh investasi “bodong” yang malah merugikan. Lebih jelasnya, Anda dapat menyimak 5 tips untuk memulai investasi Obligasi Pemerintah berikut ini:

1. Mempersiapkan Dana Investasi Obligasi

Hal pertama yang dapat Anda lakukan sebagai tips yang tepat ketika membuka Obligasi adalah menyiapkan dana. Ketika Anda sudah menyiapkan dana dari hasil penghasilan Anda untuk diinvestasikan pada sektor Obligasi.

Tujuan untuk menyiapkan dana investasi ini adalah agar ketika Anda membeli Obligasi dari suatu perusahaan, Anda tidak mengalami keterlambatan pembayaran. Karena jika terlambat, Anda akan dikenakan penalti. Begitu pula jika Anda secara tiba-tiba menyiapkan dana Obligasi, tentu akan menghambat aliran keuangan pokok Anda.

2. Membuka Rekening Pada Perusahaan Terpercaya

Tips kedua yang dapat Anda lakukan adalah membuka rekening Obligasi dan mempercayakannya pada perusahaan yang tepat. Pilihlah perusahaan yang memiliki divisi fixed income, yang mana dikhususkan untuk menangani jual dan beli Obligasi.

Rasio pendapatan investasi Obligasi yang tinggi, membuat Anda wajib waspada dan hati-hati memilih perusahaan tempat Anda menyalurkan dana. Untuk tips awal, Anda dapat riset perusahaan kredibel dan memiliki tim serta pengalaman yang solid.

3. Memahami Produk Obligasi Sebaik Mungkin

Berikutnya, Anda wajib memahami produk obligasi sebaik mungkin. Artinya, Anda tidak hanya riset mengenai keuntungan untuk Obligasi, tetapi juga wajib memahami tentang risikonya. Disarankan juga untuk mengetahui instrumen Obligasi secara keseluruhan.

Hal ini akan menguntungkan Anda, karena apabila sudah memahami secara detail tentang investasi Obligasi, maka potensi untuk mengambil keputusan yang tepat akan semakin tinggi. Tips untuk lebih paham tentang Obligasi dapat Anda temukan informasinya di internet atau riset orang-orang terdekat yang juga paham tentang Obligasi.

4. Menganalisis Obligasi Secara Teliti

Menggali sebanyak mungkin informasi tentang Obligasi Pemerintah sudah menjadi langkah tepat yang patut Anda lakukan. Tidak terkecuali untuk kembali melakukan analisis Obligasi secara teliti dan detail. Anda dapat melakukan analisis seperti jangka waktu, nilai penerbitan Obligasi, peringkat serta kupon.

Anda juga dapat menganalisis pertimbangan untung dan rugi secara mendetail agar tidak ada kekhawatiran di kemudian hari. Selain itu, Anda juga dapat mengecek background atau latar belakang perusahaan debitur yang akan Anda pilih.

Analisis penting berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan perbandingan antara Obligasi satu dengan lainnya. Tips-tips analisis tersebut wajib Anda praktikkan agar kedepannya tidak ada kekhawatiran dan tentu menjadi informasi bermanfaat tentang dunia investasi jenis Obligasi untuk Anda.

5. Mengecek Pembelian Obligasi

Tips terakhir adalah mengecek pembelian investasi Obligasi. Jika Anda sudah mempersiapkan secara matang tips-tips sebelumnya, maka sudah waktunya untuk membeli investasi jenis ini. Pembayaran Obligasi dapat dilakukan dengan cara transfer pada rekening perusahaan sekuritas Obligasi yang Anda pilih.

Jika Anda sudah membeli Obligasi, maka selanjutnya rekening perusahaan sekuritas yang telah dipilih sudah tercatat dalam Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu administrasi pembukuan investasi Obligasi oleh bank kustodian perusahaan sekuritas yang Anda pilih.

Investasi Obligasi? Mulai dengan DBS Treasures 

Sudah dijelaskan di atas bahwa tips yang tepat untuk memulai investasi Obligasi adalah memilih perusahaan dengan reputasi baik dan kredibel. Anda dapat memilih perbankan prioritas DBS Treasures sebagai andalan Anda.

Sebagai mitra yang tepat untuk mengatur penghasilan dan kekayaan Anda, DBS Treasures menjadi pilihan yang dapat diandalkan ketika Anda kebingungan untuk menyalurkan pundi-pundi penghasilan Anda. Agar Anda yakin ketika memulai investasi Obligasi, DBS Treasures menawarkan berbagai keunggulan sebagai berikut:
  • Kupon Reguler
  • Potensi Capital Gain
  • Kupon Kompetitif dan Di Atas Rata-Rata
  • Tidak Dipungut Biaya Tambahan
  • Akses Transaksi 24/7

Oleh karena itu, bagi Anda yang masih bingung menyimpan dana penghasilan dan butuh investasi selain menabung, investasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures adalah yang tepat untuk dipilih. Mulai berinvestasi pada sektor Obligasi, agar pundi-pundi penghasilan Anda semakin aman dan berpotensi untuk meningkat. Untuk informasi lengkap dapat dicek di sini.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

1 Comments:

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!