Intip Aksi Nyata Kampanye Lingkungan Danone – Aqua

Plastik merupakan salah satu masalah baru dalam bidang lingkungan hidup. Karakteristiknya yang sulit hancur membuatnya tahan tidak terurai meskipun telah tertimbun bertahun-tahun. Jika ia berada di perairan, maka akan mengganggu ekosistem di perairan tersebut.

Intip Aksi Nyata Kampanye Lingkungan Danone – Aqua

Salah satu faktor yang menyebabkan pengrusakan lingkungan akibat sampah plastik ini adalah kurangnya tingkat kesadaran masyarakat akan bahaya plastik. Masyarakat dengan seenaknya membuang sampah plastik dimana saja. Atas dasar itulah Aqua memulai gerakan bijak plastik dengan melakukan edukasi masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa program edukasi yang telah dilakukan Aqua.

1. Edu School

Program ini dilakukan dengan cara melakukan edukasi di lingkungan sekolah. Sekolah merupakan tempat melakukan pembiasaan baik, yang dapat dimulai dari sejak anak-anak. Maka melakukan edukasi di sekolah sangatlah efektif. Untuk mewujudkan program ini Aqua bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan diantaranya Yayasan Rumah Pelangi dan eco Bali.

2. Video Dokumenter

Untuk melakukan edukasi kepada masyarakat, Aqua membuat film dokumenter dengan tema pelestarian lingkungan. Pembuatan video dokumenter ini bekerjasama dengan VICE. Sasaran dari pembuatan video ini adalah kalangan muda dan remaja yang akan lebih tertarik jika di suguhi film dari pada diedukasi melalui paparan.

3. Melakukan Riset

Langkah lain yang dilakukan Danone – Aqua dalam melakukan edukasi lingkungan adalah dengan mengambil bagian dalam sebuah riset. Riset ini mengembangkan teknologi ramah lingkungan yang digadang-gadang dapat mengurangi volume sampah plastik di lautan. Riset ini dilakukan bekerjasama dengan LSM Belanda dengan tajuk The Ocean Clean Up.
Intip Aksi Nyata Kampanye Lingkungan Danone – Aqua
Gambar: Pixabay

4. Bekerjasama dengan komunitas penyelam

Langkah lain yang dilakukan Aqua guna melakukan edukasi adalah dengan menggandeng beberapa komunitas penyelam. Salah satunya adalah Divers Clean Action, bersama-sama melakukan edukasi pada masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil sekitar Kepulauan Seribu.

Baca juga:

Dengan beberapa langkah edukasi tersebut, diharapkan kesadaran masyarakat akan perlakukan sampah dapat meningkat. Sehingga target sehat Aqua demi lingkungan hidup yang lestari dapat tercapai setidaknya pada tahun 2025 yang akan datang.  

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

15 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. mantap nih danone, rutin menyelenggarakan kegiatan edukasi gini ke berbagai daerah.

    BalasHapus
  2. Sampah plastik itu pr bngt buat kita2 apalagi jumlah terus bertambah

    BalasHapus
  3. Saya dukung Danone Aqua melakukan riset yang lebih mendalam lagi, agar menemukan kemasan produk yang lebih mudah terurai pengganti plastik.

    BalasHapus
  4. Bener banget, Mas. Sampah plastik memang dilematis. Tiap hari diproduksi buat aneka kemasan dan bahan, tapi di sisi lain penguraiannya sangat lambat sampe ratusan tahun. Ngeri banget ya. Untunglah Danone ambil inisiatif buat mengatasi problem ini. Bikin video tuh efektif banget karena anak-anak generasi Z demen nonton secara digital. Moga pada bangkit kesadarannya, juga generasi tua sih. Jangan sampai bumi rusak karena kepongahan kita sendiri.

    BalasHapus
  5. Semoga langkah danone untuk mengurangi masalah sampah plastik bisa terlaksana juga ya, dan sebagai warga akupun berusaha untuk mengurangi pemakaian plastik saat berbelanja dipasar.

    BalasHapus
  6. Aqua dan danone ini concern banget terhadap lingkungan terutama daur ulang sampah botol plastiknya. semoga pelanggan juga ikut menyukseskan dengan ngga buah sampahnya sembarangan

    BalasHapus
  7. Bagus sekali apa yang dilakukan donone ini ya kak.
    Langkah nyata menjaga lingkungan

    BalasHapus
  8. Plastik saat ini menjadi masalah besar bagi lingkungan hidup ya. Jadi kita perlu banget bersikap bijak dalam menggunakan plastik tersebut

    BalasHapus
  9. Aqua sih emang programnya terbaik sih, bagus-bagus dan menarik untuk diterapkan. thx infonya

    BalasHapus
  10. Setuju bahwa penerapan kedisiplinan tidak mebuang sampah plastik mulai dilakukan dan dikampanyekan di sekolah-sekolah. Harus selalu digaungkan dan dibiasakan sehingga pola fikir dan perilaku anak-anak ini di sekolah akan terbawa ke rumah. Kelak generasi ini yang akan menjadi orang tua dan merekalah yang akan mengajarkan anak-anaknya dari rumah mereka sehingga pada generasi selanjutnya buang sampah plastik sudah merupakan hal yang tabu sama sekali.

    BalasHapus
  11. Aqua ini emang keren yah, peduli lingkungan banget jadi mengajarkan biar pada disiplin juga untuk membuang sampah dan mencintai lingkungan.

    BalasHapus
  12. keren banget ya Aqua ini dengan campaign2 nya.
    salah satu yang concern dengan lingkungan ya emang, Danone Aqua ini.
    jadi kemasan-kemasan plastik yang diciptakannya pun tetap bisa dipertanggung jawakan juga kemudian.
    salut nih tuk Aqua, moga semua lancar.

    BalasHapus
  13. Belum pernah ikut kegiatan Danone, ternyata kampanye nya seru ya. Temanya menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  14. Dalam hal ini Aqua sangat serius ya dalam menjaga lingkungan agar bisa terbebas dari limbah plastik.

    BalasHapus
  15. sampai saat ini penanganan sampah plastik yang tepat masih menjadi salah satu PR besar. karena jumlah produksi meingkat, sedang minim penanganan
    untunglah dari produsen sudah mempunyai inisiatif untuk melakukan aksi peduli hasil produksinya

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!