02 Februari 2020

Mencicipi Nikmatnya Soto Bandung Yang Melegenda

DAFTAR ISI [Buka]
Awalnya pada akhir tahun 2019 kemarin, saya beserta keluarga berlibur ke salah satu lokasi wisata di Bandung. Setelah kurang lebih 4 jam perjalanan dari Indramayu ke Bandung, tak terasa perut sudah mulai keroncongan, Maka kami pun memutuskan untuk beristirahat sejenak sambil mengisi perut. Ya maka mampirlah kami di kedai soto langganan kami, yaitu kedai Soto Bandung M. Tarya yang berlokasi di Jalan Sawah Kurung No 16, Regol, Kota Bandung.

Soto Bandung Yang Melegenda
Soto Bandung M. Tarya


Soto Bandung yang melegenda

Oh iya siapa sih yang tidak mengenal soto, menu tradisional kaya rempah ini menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia loh. Disetiap daerah di Indonesia juga memiliki soto tapi dengan cita rasa dan cara penyajian yang berbeda.

Nah, salah satu soto yang cukup popular dan melegenda berada di Provinsi Jawa Barat, tepatnya kota kembang yaitu Soto Bandung, yang kami singgahi ini.

Ibu kota provinsi Jawa barat ini selain menjadi salah satu destinasi wisata paling favorit di Jawa Barat, khususnya bagi kalangan warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin refreshing untuk melepaskan penat.

Bandung juga dikenal sebagai surga dan pusatnya kuliner loh. Oleh karenanya, tidak salahnya bagi anda yang berkunjung ke bandung untuk mencoba mencicipi soto legendaris dari bandung ini.

Yang menjadi pembeda soto bandung dengan soto lainnya

Anda pasti penasaran kan, apa sih yang menjadi pembeda soto bandung dengan soto-soto lain di Nusantara ini ?. Pada olahan soto bandung ini isiannya terdiri dari daging sengkel bagian paha, kuah kaldu yang terdiri rempah-rempah (lengkuas jahe serai sumsum bawang goreng dan perasan jeruk nipis) dengan kuah bening dan lobak yang menjadi ciri khas utamanya.

Soto Bandung Yang Melegenda

Soto Bandung ini juga kaya akan rasa dan tidak hanya itu, kandungan gizi didalamnya pun sangat banyak. Menurut pemiliknya, pada olahan sotonya tersebut, beliau benar-benar lebih mendahulukan kesehatan serta kenikmatan cita rasa yang khas yang dimiliki soto bandung miliknya.

Oh iya, menurut saya soto bandung ini lebih nikmat jika disantap pada saat masih hangat, dengan campuran kerupuk dan nasi sebagai pelengkapnya, rasanya menggugah selera makan banget deh. Hemmm pokoknya rasanya ciamik banget deh.

Soto Bandung memiliki kuah bening dengan tambahan daging sapi dan lobak yang menjadi pembeda dengan soto-soto yang lainnya di berbagai daerah di Indonesia. Biasanya untuk rasa kuahnya dapat disesuaikan selera masing-masing.

Kandungan gizi soto bandung baik untuk kesehatan

Taburan kacang kedelainya pun mempercantik tampilan soto bandung ini saat dihidangkan. Kandungan pada kacang kedelai ini sangat baik dikonsumsi. Bagi perempuan, protein nabatinya sangat baik untuk mencegah kanker payudara dan bagi pria dapat menurunkan resiko gangguan prostat. Jadi sangat aman untuk kesehatan

Kelebihan lain yang menjadi pembeda pada soto bandung, menurut saya yaitu terdapat tambahan jeruk nipis, jadi bagi anda yang sedang menjalani diet. Jadi jangan khawatir, karena kandungan nutrisi jeruk nipis itu bagus untuk melancarkan pencernaan.

Nah bagi Anda yang saat ini berada di Jakarta dan ingin mencicipi nikmatnya soto bandung yang kaya dengan rasa serta menyehatkan, sekarang tidak perlu lagi jauh-jauh mesti pergi ke Bandung. Karena di Jakarta sendiri sudah tersedia di beberapa tempat makan dintaranya di:
  1. Mie Kocok Bandung (Cilandak-Jakarta Selatan)
  2. Dapur Sunda (Cilandak-Jakarta Selatan)
  3. Warung Lombok (Pulo Gadung-Jakarta Timur)
  4. Warung Nasi Ampera (Jagakarsa-Jakarta Selatan)
  5. Riung Sunda (Grogol Petamburan-Jakarta Barat)
Dan soal rasa jangan hawatir, karena meskipun soto bandung ini berada di Jakarta, namun cita rasa dan selera tetap sama persis dengan asalnya loh.

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

21 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. musim hujan mas, soto nih kayaknya mantap banget buat santapan sore di bawah rintik hujan hee. hargnya juga pas dikantong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas. Pokoknya soto Bandung ini jika dimakan saat musim hujan dapat menambah kenikmatan

      Hapus
    2. duuh jd pengen soto bandung usai baca ini. tp dr fotonya kok mirip bubur bandung dg kuah soto, banyak kacang gorengnya

      Hapus
  2. Betul, Soto Bandung ciri khasnya di kuah bening, juga lobak, & kacang. Biasanya lebih menyehatkan juga. Tapi, ada juga soto yang lebih gurih, kuahnya penuh bumbu rempah + koya seperti soto Surabaya atau Ambengan itu favorit saya. Tapi memang yang lebih menyehatkan ya soto Bandung apalagi tambah jeruk nipis juga bagus untuk yang diet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, Soto Bandung ini bikin saya ketagihan

      Hapus
  3. Kalo arisan nih sering banget makan soto bandung. iya bedanya ada lobak sama daging yang bikin crunchy.

    BalasHapus
  4. Wahaaaaa sotonya bikin ngiler. Emang soto itu terdapat variant dan versi yang berbeda disetiap wilayahnya ya. Punya ciri khas, kaakter tersendiri.

    BalasHapus
  5. Wah baru tahu ada soto Bandung, kemana saja saiya selama ini wkwkw. Kalau ke Jakarta pilihannya cuma soto betawi dan soto mie.

    ngebayanginnya saja sudah bikin ngiler... Kuliner yang wajib dicoba nih nanti, pas dengan cuacanya yang hujan gini

    BalasHapus
  6. Kalo saya ke bandung cuma cobain seblak sama cireng. Hhaa. Kayaknya lain kali harus coba soto bandung deh.

    BalasHapus
  7. membayangkan aja udah nikmat banget, daging sengkel dan paha menyatu dalam kuah kaldu yang panas.

    sayangnya di Tangerang belum menemukan penjual soto bandung yg enak. berarti memang harus jalan2 ke bandung nih.

    BalasHapus
  8. Saya penikmat semua jenis soto, termasuk soto bandung. Kuah beningnya yang khas bikin soto ini nikmat banget disantap saat flu.

    BalasHapus
  9. Waduh aku bahkan belum pernah mencoba soto Bandung yang di jalan Regol ini. Hmm, noted ah nanti mau ke sana. Ngiler liat kuah dan bahan sotonya yang banyak banget gitu seporsinya :)

    BalasHapus
  10. Pagi2 baca postingan ini membuat laper uy... tapi rupanya ada juga di jakarta ga harus ke bandung... TFS Kak

    BalasHapus
  11. Soto Bandung tuh enak seger. Aku suka yang banyak lobaknya. Ada tuh di jalan Cibadak, soto Bandung Ojolali. Tapi makin ke sini makin mahal uy. Hehe...

    BalasHapus
  12. Soto Bandung itu daging sapi ya Kang? Kalau saya sih paling suka Bubur Bandung. Heheheee ... enak banget bagi saya.

    BalasHapus
  13. Saya suka soto Bandung krna kuahnya bening dan rasanya seger jadi inget waktu kuliah di Bandung pernah diajak makan Soto Bandung sampe nambah 2 porsi saking enaknya ..pdhal sy ditraktir haha malu2in..abis enak sih..

    BalasHapus
  14. Soto Bandung mah raos pisaaaaaaaan. Saya ni di Denpasar masih suka beli. Ada juga mie kocok bandung favorit saya, suka saya go-food juga. Hmmm yum yum. Apalagi pas musim hujan kayak gini.

    BalasHapus
  15. Sotonya agak bening kayak soto di Kebumen dan jateng ya mas. Klo di Surabaya atau Lamongan kan sotonya kuning benerrr gituuuhh..

    Penasaran rasanya

    BalasHapus
  16. ciri khas soto bandung terutama ada kacangnya. saya sangat suka , apalagi kalau disantap panas-panas pas udara lagi dingin...

    BalasHapus
  17. Kacangnya itu yang bikin lebih nikmat karna ada sensasi kriuknya gitu.. beda sama soto betawi, pake susu susu kan yak!! Soto Bandung gak pake susu atau santan.

    BalasHapus
  18. kalau di jawa timur mungkin sama seperti soto daging ya,tapi nggak sampai ada kayak taburan kacangnya, jadi seperti soto ayam hanya diganti daging sapi

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Welcome to Kang Syahri blog