17 May 2018

Keutamaan Dan Kedudukan Masjid

Keutamaan Dan Kedudukan Masjid

Masjid adalah bangunan yang diutamakan oleh Allah SWT sesuai dengan Firman-Nya dalam surah Al-Zain ayat 18 yang artinya “Dan sesungguhnya masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya selain menyembah Allah”. Selanjutnya dalam firman Allah SWT lainnya yakni dalam surah An-Nuur ayat 36 yang artinya “Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan petang”.

Tiga tujuan utama masjid

Sedangkan kedudukan masjid dalam rangkaian sejarah yang panjang, bukanlah sebuah bangunan fisik lambang tempat peribadatan umat Islam semata, melainkan memiliki makna yang luas, paling tidak terdapat tiga tujuan utama, yaitu:

Keutamaan Dan Kedudukan Masjid
Keutamaan Dan Kedudukan Masjid
1. Berkaitan dengan aspek individual;
Terciptanya umat yang beriman dan bertakwa sesuai dengan firman Allah SWAT dalam Al-Qur’an surah Al-Hujarat ayat 15 dan Al-Maidah ayat 13.

2. Berkaitan dengan aspek sosial kemasyarakatan;
Membentuk umat yang siap menjalankan kehidupan sosial dalam berbagai situasi dan kondisi yang dihadapi dalam berbangsa dan bernegara sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an surah Ar-Radd ayat 11, Al-Ahzab ayat 23, dan Al-Ahkaf  ayat 23.

3. Berkaitan dengan fisik;
Bangunannya sebagai pembuktian ketauhidan dan kekokohan jalinan sosial kontruktif dan produktif yang terkait erat dengan lingkungan sekitarnya yang berkesinambungan dalam pemenuhan kebutuhan hidup bersifat duniawi dan ukhrawi, sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah At-Taubah ayat 18 dan 105 (Drs. H. Lukman Hakim, Pemberdayaan Masjid di Masa Depan)
Baca juga : Masjid dalam perjalanan sejarah Islam
Masjid dalam pandangan Islam merupakan tempat yang paling utama di muka bumi karena disana umat Muslim bisa menemukan ketenangan hidup dan kesucian jiwa. Masjid selalu dijadikan institusi paling penting untuk pembinaan umat Islam. Di masjid pula, rasa kesatuan dan persatuan umat dapat ditumbuhkan sehingga semua masyarakat bertemu dalam  derajat yang sama. Sesungguhnya Allah tidak memandang tingkatan manusia. Bagi Allah yang paling terhormat diantara mereka adalah yang paling bertakwa.

Sumber :
Buku "Dahsyatnya Kekuatan Masjid"
Oleh : Drs. H. R. Maulany, S.H
*) Ketua Umum Pemimpin Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jawa Barat.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon