11 February 2018

Adab Seorang Murid Terhadap Guru

Adab Seorang Murid Terhadap Guru

Guru adalah orang yang memberikan pengetahuan sekaligus pendidik akhlaq terhadap murid-muridnya, Ia menhgajar cara membaca, berhitung, berfikir dan sebagainya. Guru juga mengajarkan nilai-nilai moral dan nilai-nilai akhlaq yang tinggi kepada murid-muridnya. Ia tidak hanya memberikan pengetahuan saat di sekolah, tetapi juga memberikan bimbingan saat dibutuhkan diluar sekolah.

Setiap guru pasti akan mengajarkan kebaikan-kebaikan yang mungkin tidak didapatkan seorang anak dari orang tuanya di rumah. Tanpa pendidikan dan bimbingan seorang guru, bisa jadi kita tidak akan mengetahui segala yang nyata maupun yang tersembunyi di alam semesta ini. Tanpa bimbingannya pula, bisa jadi kita tidak dapat membedakan mana yang benar maupun yang salah, mana yang diperbolehkan dan mana yang dilarang. Jasa seorang guru dalam mendidik dan mencerdaskan murid-muridnya tidaklah dapat diukur dengan materi, Karena jasa para gurulah kita menjadi terpelajar.

Adab Seorang Murid Terhadap Guru
Praktikum TKJ (doc. Gudang Ilmiyah)
Dalam ajaran Islam, guru atau ulama adalah orang yang memiliki pengetahuan luas dibandingkan dengan oarang lain. Ia merupakan pewaris para nabi dalam menyampaikan kebaikan kepada orang lain. 

Allah SWT berfirman yang artinya: "...Diantara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama. Sungguh, Allah Maha Perkasa, Maha Pengampun." (Q.S. Faathir. 35:28

Oleh karena itulah sudah selayaknya seorang murid memperlakukan guru seperti memperlakukan orang tuanya dirumah. Karena jasanya yang sangat besar terhadap murid-muridnya, sudah selayaknya seorang murid menerapkan perilaku atau adab yang baik kepada gurunya. 

Adapun adab seorang murid terhadap guru diantaranya adalah:

  1. Hendaklah merendahkan diri dihadapan guru.
  2. Hendaklah memandang guru dengan penuh rasa ta'zim atau hormat dengan meyakini bahwa gurunya memiliki kelebihan.
  3. Hendaklah jika duduk di hadapan guru dengan sopan, tenang dan mendengarkan serta memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru.
  4. Hendaklah tidak berjalan, duduk atau memulai perkataan sebelum meminta izin kepada guru
  5. Patuh pada perkataan dan perintahnya.
Demikianlah adab seorang murid terhadap gurunya yang semestinya dilaksanakan dengan baik. Janganlah seperti contoh peristiwa yang baru saja terjadi yang menimpa seorang guru yang dibunuh oleh muridnya sendiri yakni Ahmad Budi Cahyono seorang guru seni rupa SMA 1 Tojun, Sampang, Madura.  Semoga atas peristiwa tersebut seorang murid harus lebih memiliki adab dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat serta agama.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

1 komentar so far

Tayangan sinetron remaja lolos dari sensor dan alur ceitanya kurang mendidik.

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon