Mudahnya Mendidik Generasi-Z dengan Pendekatan Kekinian Bersama Sinotif

Tanggal 25 November, Indonesia memperingati sebagai Hari Guru Nasional dimana peringatan Hari Guru Nasional tersebut merupakan bentuk apresiasi negara terhadap guru yang telah mencerdaskan kehidupan bangsa.
Mendidik Generasi-Z dengan Pendekatan Kekinian Bersama Sinotif

Pada kesempatan tersebut, Sinotif ambil bagian dalam acara webinar edisi spesial hari guru bertajuk "Mendidik Generasi-Z dengan Pendekatan Kekinian". Webinar yang berlangsung secara online melalui aplikasi Zoom Meeting tersebut menghadirkan narasumber Bang Firman, yakni seorang Guru juga seorang penulis dan konten kreator.

Narasumber yang juga pemilik blog bangfirman.com ini kesehariannya mengajar di pondok pesantren dan mengajar mata pelajaran bahasa Inggris dan Arab. Beliau mulai mendedikasikan ilmunya sebagai guru sejak tahun 2012, dan saat ini sedang melanjutkan studi S2 di kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Serang Banten.

Pria yang akrab Bang Firman ini, selain sebagai guru beliau juga kesehariannya sebagai konten kreator. Menurutnya seorang guru tidak boleh berhenti belajar karena pada hakikatnya manusia itu makhluk pembelajar.

Terlebih seorang guru, kalau guru berhenti belajar maka berhentilah mengajar. Oleh karena itu sebagai guru maka sudah seharusnya lah terus meningkatkan kapasitas diri untuk mengajar.

Untuk menyesuaikan dengan keadaan sekarang, hendaknya seorang guru juga harus lebih melek teknologi. Selain itu, guru juga harus dapat menjadi teman bagi siswanya namun tetap harus ada batasan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Mendidik Generasi-Z dengan Pendekatan Kekinian

Berdasar pengalamannya selama menjadi seorang guru, Bang Firman merasakan adanya perbedaan antara mengajar generasi-X dengan generasi-Z. Menurutnya, generasi-Z sudah lebih mengenal teknologi dan telah menggunakannya dalam keseharian mereka, sehingga guru pun harus memiliki pengetahuan serta kemampuan dalam penggunaan teknologi.

1. Meluangkan Waktu untuk Anak

Bang Firman juga memberikan tips pada orang tua dalam mendidik generasi-Z agar dapat mengikuti pembelajaran baik akademis maupun non akademis dengan baik yakni dengan menyediakan banyak waktu untuk mereka.

2. Ikut Andil dalam Memberikan Pendidikan

Meski mendidik siswa menjadi tanggung jawab guru di sekolah, namun orang tua juga hendaknya ikut andil dalam memberikan pendidikan pada anaknya, terlebih generasi-Z saat ini. Orang tua sangat mempunyai peran penting di keluarga karena orang tua adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya.

3. Memiliki Bonding yang Kuat dengan Anak

Orang tua dapat mengatur jam-jam belajar anaknya, penggunaan gadget dan lain sebagainya. Orang tua juga hendaknya memiliki bonding atau ikatan yang lebih pada anaknya ketika di rumah. Membangun ikatan dengan anak itu penting agar anak memiliki ikatan emosional dengan orang tuanya.

Mendidik Generasi-Z dengan Pendekatan Kekinian Bersama Sinotif

Terkait bagaimana cara mendidik generasi-Z dengan pendekatan kekinian, pada kesempatan tersebut, Mas Hafiz sebagai pembawa acara mengajak orang tua untuk bergabung dengan Sinotif. Sinotif sendiri merupakan bimbingan belajar spesialis eksakta yang secara khusus bergerak di bidang matematika fisika dan kimia.

Mendidik Generasi-Z dengan Pendekatan Kekinian Bersama Sinotif

Selama lebih dari 20 tahun Sinotif terus mengembangkan diri dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa mulai dari tingkat SD hingga SMA bahkan sampai siswa yang sedang mempersiapkan semester awal mereka di tingkat universitas.
Baca juga:
Sinotif didirikan secara resmi pada tahun 2000 oleh Bapak Hindra Gunawan dan Bapak Anthonyus Kuswanto. Kedua sosok tersebut telah mengabdi di dunia pendidikan sejak masa kuliah di Yogyakarta. Karena melihat perlu adanya perbaikan kualitas pendidikan serta peningkatan kesejahteraan guru di Indonesia maka berdirilah Sinotif yang kita kenal hingga saat ini.

Program Unggulan Pembelajaran Sinotif

Sinotif juga memiliki program khusus bagi siswa jenjang SD, SMP dan SMA yang tengah mempersiapkan ujian, diantaranya Program Ujian Kenaikan Kelas, Program Ujian Internasional, dan Program Ujian Nasional.

Dalam pembelajaran, Sinotif menerapkan Kurikulum Nasional, Nasional Plus dan Internasional (Cambridge, IB, HSC). Terdapat 4 paket program pembelajaran Sinotif, diantaranya:

1. Premier Diamond

Dengan paket program pembelajaran Premier Diamond, siswa belajar privat secara daring dengan 1 orang guru 1 siswa. Metode pembelajaran yang diajarkan pada bimbel matematika ini disesuaikan dengan kurikulum Nasional dan Internasional atau disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

2. Premier Platinum

Hampir sama dengan program pembelajaran Premier Diamond, Pada paket pembelajaran Premier Platinum, kurikulum yang diajarkan disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan merujuk pada kurikulum Nasional dan Internasional. Yang membedakan hanyalah saat proses pembelajaran semi privat, yakni 1 orang guru menangani 3 sampai 5 siswa.

3. Premier Gold

Pada paket program pembelajaran Premier Gold, siswa diajarkan oleh guru spesialis dengan menggunakan modul belajar yang lengkap dan sistematis. Saat belajar, siswa berada dalam 1 kelas 1 tingkatan yang berjumlah 6 sampai 15 siswa.

4. Premier Silver

Paket program pembelajaran Premier Silver, siswa bebas memilih jadwal belajar. Dengan paket program pembelajaran ini, siswa juga dapat belajar secara mandiri namun tetap dalam bimbingan serta pemantauan guru. Selain itu, siswa juga bebas bertanya tentang PR dari sekolah formal pada guru selama 24 jam.

Metode Pembelajaran Sinotif Bimbel Matematika

Metode pembelajaran Sinotif diterapkan secara live interaktif dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Pembelajaran dilakukan dengan dua arah antara guru dengan siswa, yakni 1 guru 1 siswa private, dan semi private yang terdiri dari 3 sampai 5 siswa.

Metode pembelajaran Sinotif bimbel matematika

Meskipun begitu, Sinotif juga membuka layanan pembelajaran daring dengan cara menonton video pembelajaran oleh guru atau disebut layanan silver. Sinotif Learning Method tersebut menerapkan 4 metode, yaitu:

1. Specialized

Siswa yang bergabung dengan Sinotif dan selama mengikuti pembelajaran akan dibimbing langsung oleh guru-guru ahli yang telah memiliki sertifikat khusus serta sudah berpengalaman di bidangnya, yakni guru Matematika, guru Kimia dan guru Fisika.

2. Systemized

Agar lebih mudah memahami konsep dalam belajar, peserta didik akan diberikan modul soal secara sistematis yang dikombinasikan dengan gaya belajar linear dan global sehingga belajar akan lebih mudah dan praktis.

3. Personalized

Dengan bergabung di Sinotif bimbel matematika, siswa akan memperoleh layanan personal yang disesuaikan dengan kebutuhan serta target yang diinginkan oleh siswa. Tiap selesai sesi pembelajaran, siswa akan diberikan catatan dan laporan hasil belajar.

4. Limitless

Tidak hanya itu, Sinotif juga memberikan layanan penuh selama 24 jam non-stop. Siswa dapat mengakses website e-learning untuk belajar secara mandiri melalui seratusinstitute.com. Peserta didik juga dapat memecahkan soal-soal yang dianggap sulit secara instan hanya menggunakan aplikasi Tanya Jawab Soal, kapanpun dan dimanapun.

Penutup

Dengan program unggulan serta metode pembelajaran pada Sinotif bimbel matematika, anak-anak generasi-Z saat ini menjadi lebih pintar dan memiliki banyak prestasi. Dengan begitu orang tua tidak perlu hawatir dengan kualitas pendidikan anak-anaknya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang paket belajar yang cocok untuk anak serta harga Sinotif bimbel matematika, Anda bisa menghubungi website sinotif.com
PT Sinotif Indonesia
Jl. Danau Sunter Utara, Blok B1B, No. 34, Sunter Agung, Jakarta Utara 14350
Tlp. 0812 3645 8100. atau klik WA wa.me/+6281236458100
e-mail: info@sinotif.com

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!