Konsultasi Psikologi Online Untuk Deteksi Kelainan Kesehatan Mental

Adanya perubahan perilaku anak yang tidak sewajarnya seringkali membuat orang tua merasa cemas. Perubahan emosi yang ditunjukan anak, seperti mudah marah saat keinginannya tidak dituruti atau sikap masa bodoh anak.
Kenali gejala kelainan kesehatan dengan cara konsultasi di Get Spirit

Kenali Sejak Dini Gangguan Kesehatan Mental Anak

Jika perilaku anak mengalami perubahan seperti itu, sudah dapat dipastikan anak sedang mengalami kesehatan mental. Oleh karenanya, sebagai orang tua harus belajar lebih mengenali anak sejak dini terutama jika anak mengalami gejala tersebut.

Perkembangan anak, termasuk kesehatan mentalnya itu tak lepas dari peran keluarga, terutama orang tua. Dengan memahami perilaku anak, orang tua atau orang yang terdekat dengan anak dapat membantu menjaga kesehatan mental anak.

Kesehatan mental sendiri saat ini sudah menjadi topik yang sudah dikenal oleh banyak kalangan. Jika dulu kesehatan itu lebih pada kesehatan fisik saja, tapi sekarang sudah ada kesehatan psikologis atau kesehatan mental.

Pengertian Kesehatan Mental Menurut WHO

Bersamaan dengan hal tersebut, beberapa waktu lalu saya berkesempatan dapat mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Indiscript bersama dengan Get Spirit yang menghadirkan seorang Psikolog dan Azalia Cindy Permadi Founder Get Spirit, bersama Theofanny dan Selly, Psikolog Klinis Anak dan Remaja.

Webinar dengan tema "Mendeteksi Awal Kelainan Pada Kesehatan Mental Diri Sendiri, Anak, dan Lingkungan Terdekat Serta Pola Penanganannya" tersebut disiarkan secara langsung melalui Channel YouTube.

Acara webinar bersama psikolog di Bandung

Selly, Seorang Psikolog di Bandung, dalam pemaparannya menjelaskan jika pengertian kesehatan psikologis merupakan kondisi sejahtera seseorang ketika seseorang menyadari kemampuan dirinya, mampu untuk mengelola tekanan yang wajar serta bisa beradaptasi dengan baik dan juga bisa bekerja secara produktif dan berkontribusi dalam kehidupan di lingkungannya.

Cara Mengetahui Masalah Kesehatan Mental Seseorang

Untuk deteksi dini kelainan kesehatan mental seseorang yang sedang mengalami masalah kesehatan mental, maka perlu mengidentifikasi kemampuannya, diantaranya:
  1. Bisa berkembang secara psikologis emosional intelektualitas dan juga spiritual
  2. Dapat memulai mengembangkan dan mempertahankan hubungan pribadi yang saling memuaskan dengan orang lain
  3. Punya kesadaran dan bisa berempati kepada orang lain
  4. Ketika mengalami tekanan psikologis itu tetap bisa terintegrasi dengan tanpa menghambat perkembangan

Berbeda dengan masalah kesehatan psikologis, berikut ini ciri-ciri dari orang yang sehat mental, antara lain:
  1. Bebas dari gangguan atau penyakit jiwa
  2. Bisa menerima dirinya serta menyadari kekuatan dan juga kelemahannya
  3. Mampu mengembangkan potensi yang dimiliki, karena setiap individu diberkahi oleh Tuhan potensi-potensi serta manfaatkannya dengan baik untuk diri sendiri maupun orang lain
  4. Mampu menyesuaikan diri secara fleksibel
  5. Bisa memiliki hubungan yang menyenangkan dan bermanfaat antar individu

Cara Mengenali Orang yang Mengalami Kesehatan Mental

Masih menurut Selly, kesehatan mental merupakan kondisi yang bersifat kontinu. Kondisi kesehatan mental setiap orang itu berbeda-beda. Oleh karena itu perlu mengetahui gejala-gejala atau apa yang dirasakan oleh setiap individu.
Sebagai orang tua diharapkan agar hindari melakukan self diagnosa. Jika ditemukan hal-hal yang tidak sewajarnya pada anak, maka sebaiknya orang tua segera melakukan pemeriksaan secara profesional pada ahlinya.

Deteksi Dini Kelainan Kesehatan Mental

Berikut ini beberapa tanda yang dapat dilihat ketika seseorang mengalami masalah kesehatan psikologis, diantaranya:

1. Kondisi Pikiran

Saat seseorang mengalami masalah kesehatan mental, biasanya kondisi pikiran lebih cenderung
  • Banyak pemikiran yang negatif
  • Tidak dapat berpikir jernih sehingga sulit untuk membuat keputusan
  • Lebih lamban dalam berpikir
  • Memiliki pemikiran yang berbeda dengan kenyataan atau realita

2. Kondisi Perasaan

Kondisi perasaan bisa dirasakan atau mungkin bisa diamati ketika seseorang mengalami masalah kesehatan mental, diantaranya:
  • Perubahan emosi yang cepat
  • Merasa tidak berdaya
  • Mudah merasa sedih, marah, cemas atau takut yang berlebih dari biasanya
  • Mati rasa atau kesulitan untuk merasakan sesuatu hal

3. Kondisi perilaku

Dari kondisi perilaku pun dapat diamati dengan mudah jika seseorang mengalami masalah kesehatan psikologis, antara lain:
  • Tidak memiliki energi untuk beraktivitas atau kondisi tubuh yang kurang energik
  • Selalu menghindari pekerjaan atau lingkungan
  • Hanya ingin menyendiri
  • Susah makan atau tidur, atau sebaliknya ketika makan atau tidur berlebihan
  • Perilaku suka berkelahi dengan orang lain

Gangguan kesehatan mental dikelompokkan dalam dua kelompok besar yaitu kelompok psikotik dan non psikotik. Psikotik adalah kondisi mental yang membuat seseorang sulit membedakan realita dan kerap mengalami halusinasi.
Sedangkan kelompok non psikotik adalah ketika seseorang tidak membuat seseorang mengalami gangguan realita namun biasanya mengalami gangguan perasaan atau memiliki pola pikir yang tidak sesuai dengan hukum atau norma yang berlaku.

Penyebab Masalah Kesehatan Mental

Untuk lebih mengenal tentang kesehatan mental, maka sebagai orang tua perlu sedikit gambaran apa yang menyebabkan masalah kesehatan psikologis itu terjadi. Berikut ini beberapa penyebab masalah kesehatan mental pada seseorang.
  1. Ada masalah atau tekanan dalam kehidupan sehari-hari
  2. Ada masalah trauma atau pengalaman kehidupan yang kurang menyenangkan
  3. Ada perubahan atau masalah fisik yang serius
  4. Gaya hidup yang tidak sehat
  5. Tidak memiliki support system yang baik
  6. Kondisi keluarga yang mengalami masalah kesehatan psikologis

Salah satu layanan konsultasi psikologi online yang dapat membantu mendeteksi permasalahan kesehatan mental, yakni dengan berkonsultasi pada Get Spirit. Cara konsultasi ke psikolog ini sangat efektif untuk lebih mengenali keadaan psikologis seseorang yang sedang mengalami masalah kesehatan mental.

Mengenal Get Spirit

Layanan Konsultasi psikologi online di Bandung ini berkantor di Soekarno-Hatta ini merupakan salah satu schoology yang melayani tidak hanya untuk beberapa kasus, tetapi juga memberikan pelayanan pada anak yang mengalami kesulitan kesehatan mental.

Get Spirit merupakan layanan konsultasi psikologi online

Untuk mencari layanan konsultasi dengan psikolog, dapat menghubungi kontak di nomor 081214000624. Atau Anda juga dapat mengenal lebih jauh tentang Get Spirit, dapat mengunjungi Instagramnya di https://www.instagram.com/get_spirit.

Untu konsultasi masalah kesehatan mental dapat langsung menghubungi Theofanny. Beliau merupakan lulusan S-1 di Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranaths dan S2 Magister Profesi Psikologi Universitas Kristen Maranatha. Saat ini beliau bekerja sebagai Assosiate Psikolog, Grafolog.

Layanan Psikolog di Bandung ini digawangi oleh Azalia Cindy Permadi Founder Get Spirit. Beliau merupakan seorang Psikolog yang berlatar belakang pendidikan S1 di Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranaths, dan S2 Magister Profesi Psikologi Universitas Kristen Maranatha.

Saat ini beliau berkarir di assosiate psikolog di berbagai biro psikologi, recruiter calon karyawan bank Indonesia, recruiter calon karyawan PT. Telkom, dan recruiter badan kepegawaian negara.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!