Logistik dan Perananya Dalam Perkembangan E-Commerce

Apa itu logistik? Logistik adalah serangkaian proses yang meliputi kegiatan perencanaan, implementasi, hingga pengawasan terhadap suatu proses perpindahan, baik itu barang/jasa, energi, atau sumber daya lainnya, dari titik awal menuju titik penggunaan.
Apa Itu Logistik dan Perananya Dalam Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Kata logistik sendiri berasal dari Bahasa Yunani, yaitu logos yang berarti “rasio, kata, kalkulasi, alasan, pembicaraan, orasi”. Sedangkan dalam bahasa Prancis yaitu loger, yang memiliki arti untuk menginapkan atau menyediakan.

Istilah logistik tidak hanya sekedar pengiriman barang kepada konsumen, namun lebih dari itu, logistik telah mencakup aspek yang lebih luas seperti pergudangan, manajemen inventori, penagihan, pengemasan, label, pengiriman, cash on delivery, pembayaran, dan lain sebagainya.

Peran Logistik dalam Perkembangan E-Commerce

Indonesia, sebagai salah satu negara yang saat ini sedang trend E-Commerce, sarana logistik semakin menjadi tulang punggung yang sangat krusial untuk perkembangan pasar. Pertumbuhan E-Commerce yang begitu cepat tersebut dapat memberikan peluang bagi perusahaan yang bergerak di bidang bisnis e-commerce.

Peluang ini dapat dilihat oleh para pelaku usaha E-Commerce untuk dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan penyedia jasa logistik untuk memberikan solusi permasalahan pengelolaan logistik E-Commerce yang dapat dilihat dari aspek kualitas, biaya, dan waktu.

Pelayanan yang prima dari sebuah E-Commerce akan berpengaruh besar pada perkembangan bisnis. Pasalnya, jika konsumen mendapatkan produk mereka dengan cepat, murah, dan dapat diandalkan maka bisnis pun akan berkembang. Karena itulah peranan logistik sangat penting dalam perkembangan E-Commerce di Indonesia.

Salah satu tantangan dalam berbisnis dalam bidang E-Commerce, yaitu adalah bagaimana mengirimkan produk ke konsumen dengan tepat waktu, tanpa cacat, efektif dan efisien. Karena hal itulah maka logistik menjadi poin penting dalam dunia bisnis online

Jasa Pengiriman Cargo SELOG dari SERA

Salah satu perusahaan logistik terbesar di Indonesia yang telah ikut berperan aktif membesarkan bisnis masyarakat dalam bidang perdagangan elektronik yaitu SERA. PT. SERA (Serasi Autoraya) sendiri adalah anak perusahaan PT Astra International Tbk sebagai salah satu perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia.

Apa Itu Logistik dan Perananya Dalam Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Selain bisnis solusi transportasi dan penjualan kendaraan bekas, SERA, di bawah brand SELOG, hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Terdapat enam layanan jasa pengiriman Cargo dari SELOG, yakni:

Contract Logistics

Layanan jasa yang ditawarkan oleh SELOG yakni contact logistics. layanan jasa ini mengintegrasikan mulai dari perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring logistik yang dikirim. Jasa ini pun melayani ekspor dan impor kendaraan roda empat beserta komponennya.

Shipping Services

SELOG pun menawarkan jasa Shipping Service. Jasa ini menggunakan moda transportasi laut yang berkualitas untuk mengirimkan berbagai cargo yang memuat barang-barang otomotif, industri alat berat, dan muatan lainnya antar daerah di Indonesia.

Shipping Agency

Tidak hanya itu, SELOG juga menjalin sebuah kerjasama dengan dengan Jardine Shipping Services (JSS) sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.
Baca juga:

Freight Forwarding

SELOG juga menyediakan jasa pengiriman alat berat atau cargo lainnya dengan menggunakan berbagai jenis moda transportasi untuk wilayah dalam negeri. Dan pengirimannya pun dijaminan aman (safety), tepat waktu (on time) dan tanpa cacat (zero defect).

Warehouse and Yard Management

SELOG juga menawarkan jasa pengelolaan dan penyimpanan barang bagi pemilik usaha. SELOG juga memiliki WMS (Warehouse Management System) yang memudahkan proses pelacakan secara berkelanjutan terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah terkirim. Dengan WMS, memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persediaan yang rendah secara real time.

Courier Services

Jasa pengiriman kurir ekspres Selog juga siap mengirimkan paket dengan kendaraan yang sesuai kebutuhan. Secara umum, layanannya terbagi dalam layanan standar dan layanan solusi. Layanan standar meliputi same day service, next day service, dan regular service.

Sedangkan layanan solusi, ada layanan khusus seperti layanan VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!