Strategi Pemasaran Online Media Sosial Bagi UKM

Strategi pemasaran online merupakan salah satu cara pemasaran melalui media promosi online. Dalam mempromosikan sebuah produk barang atau jasa agar memperoleh hasil yang maksimal, maka perlu adanya strategi marketing. Disinilah pentingnya promosi melalui media sosial bagi UKM dijalankan.

Pentingnya strategi pemasaran online di media sosial bagi UKM untuk meningkatkan usahanya

Pengertian Pemasaran Online

Proses penyusunan komunikasi dengan menggunakan beberapa kaedah yang bertujuan untuk memberikan informasi pada publik perihal produk barang atau jasa yang sedang dijajakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna melalui media internet.

Menurut para ahli, Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan berpendapat bahwa kegiatan marketing termasuk branding dengan menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial.


Agar dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan, pelaku UKM harus dapat menyusun beberapa perencanaan untuk mengiklankan produknya, salah satunya yaitu melalui jejaring sosial dengan menggunakan strategi pemasaran online yang tepat.

Strategi ini digunakan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah untuk dapat memaksimalkan potensi aktivitas digital marketing yang sedang dilaksanakan. Setiap pelaku usaha memiliki strategi penjualan yang berbeda-beda, disesuaikan pada kebutuhan serta tujuan yang ingin dicapai.

Strategi Pemasaran Online

Indonesia merupakan salah satu negara yang pertumbuhan ekonomi internet terpesat di Asia. Setiap harinya pengguna internet meningkat tajam. Kondisi seperti itu sangat berpengaruh pada penjualan sebuah produk melalui internet yang mengalami lonjakan yang sangat signifikan.

Pesatnya perkembangan dunia digital saat ini memudahkan pelaku usaha untuk menjangkau pelanggan dari berbagai belahan dunia. Penyebabnya karena penggunaan internet dapat dengan mudah digunakan oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun.

Dan, kunci utama suksesnya sebuah bisnis berawal dari strategi pemasaran yang matang. Oleh karenanya perlu adanya cara jitu untuk meningkatkan penjualan bisnis via daring. Hal pertama yang harus dilakukan oleh wirausahawan dalam menjalankan usahanya adalah menganalisa pasar sebelum memasarkan sebuah produk.

Salah satu contoh UKM yang telah menggunakan media sosial sebagai tempat untuk memasarkan produknya yaitu Coffee Shop Kedai Sahabat Indramayu. Menurut pengakuan dari foundernya, setelah mengiklankan produknya di beberapa jejaring sosial, hasil yang diperolehnya meningkat.

Setiap hari, coffee shop kedai sahabat yang buka mulai pukul 16.00 hingga 24.00 Wib ini memperoleh keuntungan bersih hingga 4 juta rupiah. Belum lagi jika malam minggu, keuntungannya meningkat dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

Cara Pemasaran Online Via Media Sosial

Ada banyak cara pemasaran online melalui media internet, salah satunya melalui pemanfaatan media sosial sebagai tempat pariwara. Langkah-langkah penjualan via daring bagi UKM ini dapat dijalankan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan produknya.

Pentingnya strategi pemasaran online melalui media internet, salah satunya melalui pemanfaatan media sosial sebagai tempat promosi

Berikut ini adalah strategi penjualan yang dapat dilakukan oleh UKM melalui medsos untuk meningkatkan usahanya.

1. Promosi Melalui Facebook

Platform jejaring sosial Facebook saat ini penggunaannya tidak hanya sebagai wadah untuk bersosialisasi di dunia maya semata. Namun juga berfungsi sebagai tempat untuk mengenalkan barang atau jasa bagi para pelaku usaha.

Banyaknya pengguna layanan jejaring sosial Facebook yang tertarik untuk berbelanja online shop, menjadi peluang besar bagi UKM untuk meningkatkan penjualan. Dengan menggunakan strategi digital marketing di Facebook, dapat menjadi alternatif untuk memasarkan produknya.

Dengan melakukan kampanye melalui jaringan periklanan di Facebook/Facebook Ads, pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Pelaku UKM dapat dengan mudah menentukan target pasar serta jangkauan sesuai dengan perencanaan.

Promosi melalui Facebook ini dinilai lebih efektif dan efisien. Pengguna dapat dengan mudah manfaatkan beberapa fitur yang ada di Facebook, seperti membuat halaman/Fans Page, bergabung di grup khusus jual beli atau dengan menggunakan fasilitas marketplace.

Keuntungan yang diperoleh dengan melakukan perencanaan penjualan di facebook ini bagi pelaku bisnis terbilang tinggi. Hal tersebut terjadi karena platform medsos ini secara spesifik dapat mengklasifikasikan serta mengenali audiens dari berbagai kategori.

2. Promosi Melalui Media Sosial Instagram

Jejaring sosial berikutnya yang dapat dijadikan wadah untuk membuat taktik dagang via online yaitu Instagram. Bagi pelaku usaha, aplikasi yang populer untuk berbagi foto dan video ini ternyata memiliki manfaat besar, diantaranya dapat membangun dan mengembangkan brand bisnisnya.

Lebih dari 700 juta pengguna Instagram, dan setiap harinya jutaan foto dan video dibagikan melalui platform ini. Hal tersebut dianggap memiliki pengaruh besar dan penting dalam suatu bisnis. Jadi pantaslah jika instagram banyak dilirik oleh wirausahawan.
    Bagi pengguna Instagram, pasti sering melihat postingan dalam bentuk foto atau video yang menawarkan sebuah produk barang atau jasa. Seperti halnya Facebook, Instagram pun dapat dijadikan alat untuk memasarkan produk. Salah satu program jualan via online shope Instagram yaitu dengan beriklan atau membuat akun bisnis.

    Di Instagram dapat dengan mudah memasarkan produk dengan cara memposting foto atau video yang dilengkapi deskripsi produk. Buatlah deskripsi produk semenarik mungkin dan berikan hastag agar dapat menjangkau lebih banyak audiens.

    3. Promosi Melalui WhatsApp

    Setelah Facebook dan Instagram yang telah populer sebagai media promosi online, WhatsApp pun tidak mau kalah. Munculnya WhatsApp Bisnis setelah WhatsApp Messenger ternyata banyak dimanfaatkan pula oleh pebisnis untuk mengoptimalkan usahanya.

    Tidak hanya berfungsi untuk berbagi file, gambar dan mendukung panggilan suara dan video, keberadaan WhatsApp bisnis ini telah memberikan dampak yang positif bagi para pelaku bisnis online. Selain untuk berkomunikasi, WhatsApp bisnis juga banyak digunakan untuk keperluan marketing dan promosi.

    Untuk menjalankan rencana dagang online melalui WhatApp, mulailah dengan perbanyak pertemanan dan membuat grup jual beli. Cara ini dapat memperluas jaringan bisnis online, dan dapat membuka lahan baru untuk menjangkau prospek pasar. Semakin banyak memiliki teman yang dikenal, maka peluang agar produk yang ditawarkan dapat terjual semakin besar.

    Adanya fitur mengirim pesan secara otomatis, memudahkan pebisnis untuk melakukan berbagai macam komunikasi dengan pelanggan secara langsung terkait produk yang ditawarkan.

    Peran Bloger Dalam Pemasaran Online

    Dalam menjalankan bisnis daring agar memperoleh hasil yang maksimal, maka harus ada campur tangan dari pihak lain. Selain menggunakan sosmed, memasarkan produk melalui website ataupun blog sangat penting.

    Pentingnya peran bloger dilibatkan untuk membantu UKM dalam melakukan pemasaran online

    Bloger sendiri adalah orang yang memiliki/membuat dan mengelola blog serta membagikan pandangannya berdasarkan perspektif mereka melalui tulisan dan gambar pada audiens secara online untuk tujuan pribadi maupun bisnis.

    Sedangkan blog dan website merupakan salah satu dari banyaknya bentuk media sosial dan networking. Sebagaimana fungsinya, blog merupakan sarana bersosialisasi dan tempat dimana komunikasi terjadi.

    Bukan hanya sekedar untuk komunikasi dua arah, fungsi blog juga sebagai tempat untuk memberikan informasi seputar bisnis, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan popularitas yang dimiliki seorang bloger akan mampu mempengaruhi para pengikutnya dalam mengiklankan produk atau jasa melalui blog.

    Kelebihan Blog Dalam Kegiatan Pemasaran

    Meski suksesnya sebuah bisnis berawal dari strategi pemasaran, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan sendiri. Pelaku usaha harus ada kolaborasi dengan pihak lain, seperti dengan bloger. Bentuk kerjasama dengan bloger dalam pemasaran online ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

    Terdapat beberapa bentuk kerjasama yang sering dilakukan pelaku usaha dengan bloger sebagai media promosi online untuk meningkatkan bisnisnya, diantaranya:

    1. Pemasangan Banner Iklan

    Pemasang banner iklan pada halaman blog merupakan bentuk kerjasama yang sangat efektif. Brand dapat mudah dikenal luas oleh masyarakat melalui tampilan banner iklan yang terpasang pada halaman blog dibandingkan beriklan di media masa lainnya. Pemasangan iklan dalam bentuk banner di blog ini relatif murah dan jangkauannya pun sangat luas.

    2. Sponsored Post

    Sponsored Post adalah bentuk kerjasama UKM dengan bloger melalui artikel yang ditulis oleh bloger dalam bentuk artikel bersponsor. Artikel tersebut isinya mengenalkan produk soft selling. Pada artikel bersponsor, pelaku usaha mendapatkan backlink yang mengarah ke website yang dimiliknya.

    Dengan terpasangnya backlink tersebut memudahkan pengunjung yang membaca artikel bersponsor mengunjungi website aslinya.

    3. Content Placement

    Content Placement merupakan salah satu strategi digital marketing yang digunakan untuk mengkampanyekan sebuah brand kepada publik. Biasanya content placement digunakan untuk kebutuhan SEO dalam bentuk pemasangan link website saja.

    Disinilah kelebihan blog dalam kegiatan pemasaran sehingga peran Bloger dalam pemasaran via online untuk membantu UKM perlu dilibatkan. Dengan kata lain, blog dapat dijadikan sebagai alat untuk membantu mengoptimalkan pemasaran secara daring.

    Penutup

    Perubahan pola kehidupan masyarakat saat ini yang sudah banyak beralih ke media digital menjadikan peluang bisnis mengikuti arus perubahan. Karena itu pentingnya strategi pemasaran online di media sosial bagi UKM harus terus dijalankan semaksimal mungkin agar memperoleh hasil yang diharapkan.

    Peran bloger sendiri untuk membantu meningkatkan penjualan produk secara daring memiliki pengaruh yang sangat besar. Melalui Bloger, pelaku UKM dapat terbantu membuat perencanaan marketing agar berjalan dengan baik dan efektif sesuai rencana.

    Satu lagi yang tidak kalah pentingnya yaitu selalu membayar pajak dari penghasilan yang diperoleh selama menjalankan bisnis online pada negara. Apalagi ketentuan tersebut telah ditetapkan oleh negara. 

    Pelaku bisnis online yang telah memiliki omzet di atas Rp4,8 Miliar pertahun maka wajib memungut PPN sebesar 10% atas setiap transaksi dan menyetorkannya ke kas negara setiap tahunnya.

    Pajak bisnis online yang didasarkan pada pph atau pajak penghasilan atas penjualan yang dilakukan di internet ini nantinya akan digunakan sebaik-baiknya untuk untuk kemakmuran rakyat.

    bm

    Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

    29 Comments

    Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

    Terimakasih banyak atas perhatiannya.

    1. Kalau yg endorse sama paid promote itu juga masuk content placement kah?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Klo menurut saya endors merupakan aktifitas promosi menggunakan influencer di social media yang menggunakan sistem pembayaran barter produk.

        Sedangkan paid promote sistem pembayarannya dgn uang meski sama2 aktifitas promosinya di medsos oleh Influencer.

        Klo content placement Biasanya produk diulas di blog.

        Hapus
    2. Pemasaran secara online asyiknya itu bisa menjangkau lebih banyak customer ya mas. Jadinya peluang buat closing lebih besar

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul mbak, semakin giat mengatur strategi pemasaran maka peluang untuk meraih keuntungan semakin besar

        Hapus
    3. Zaman sekarang kalau ngga siap bersaing dengan pemasaran online kayak gini siap2 byee aja. Apalagi setelah pandemi. Ini materi bagus banget untuk temen2ku yg suka bisnis online. Izin share ya kak. Terimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbak, selain offline, pemasaran online pun harus tetap dilakukan.

        Mangga mbak, terima kasih sharenya

        Hapus
    4. Saya biasanya masih promosi lewat IG dan wa. Itu cukup sih marketingnya. Belum nyoba yang di blog ntar bisa dicoba, makasih info dan tipsnya kak.

      BalasHapus
    5. Pake instastories ig dan wa storiesjuga lumayan lho. Kalo untuk awal

      BalasHapus
    6. strategi pemasaran online ini penting dipelajari ukm dan umkm ya karena skrg situasinya mengharuskan segala sesuatu hrs online..disamping itu jangkauan pemasaran bisa lbh luas ya kalau online itu..

      BalasHapus
    7. Dengan mencari uang dengan internet dan ingin memasarkan srategi online suka promosi di mana kita bisa yg kita inginkan namun sebelum memasarkan kita harus tau dulu tata cara dan syarat untuk promosi

      BalasHapus
    8. Faceboook katanya masih the best ya mas untuk pemasaran online. Hanya saja masih banyak yg belum maksimal memanfaatkannya. Saya so far masih sampai tahap share artikel blog berbayar saja di Facebook. Hihihi. Belum ada rencana menjadi wirausaha. Padahal pengen juga tuh.

      BalasHapus
    9. Setuju sekali strategi pemasaran online diperlukan untuk kemajuan usaha. Tak hanya melulu berpangku pada pemasaran konvensional. Apalagi melalui berbagai media digital yang ada yang kini dipunyai dan digunakan oleh hampir semua penduduk bumi.

      BalasHapus
    10. ini bermanfaat sekali, aku sering kali ditanya tentang pemasaran, padahal kan cuma nulis di blog aja, bisa saya bagi-bagi ke ukm di lingkungan aku ini

      BalasHapus
    11. Nah, ini harusnya banyak dibaca para pelaku UKM nih. Kalau brand besar saya rasa sudah banyak yang paham pentingnya digital marketing. Tapi kalau UMKM kebanyakan masih pakai cara manual.

      BalasHapus
    12. Alhamdulillah, peranan bloger semakin ke sini makin banyak diminati oleh pelaku bisnis. Setidaknya bisalaj dijadikan ladang pahala, eh ladang duit juga kalau beruntung

      BalasHapus
    13. setuju kak, era sekarang kita harus paham media promosi yang bisa menjangkau pembeli dengan tertarget. Internet salah satunya

      BalasHapus
    14. jaman sekarang pelaku UKM juga harus makin maju & mau belajar ya untuk mempromosikan produknya supaya lebih meningkatkan penjualannya. Pakai cara pemasaran konvesnional aja pastinya kurang luas jangkauannya makanya harus secara online juga

      BalasHapus
    15. promo lewat sosmed cukup efektif sih kalo menurutku.
      secara yg pake sosmed udah banyak bgt

      BalasHapus
    16. Media sosial dan aplikasi chat punyanya mas Mark ini efektif banget untuk jualan, apalagi semua gratis. Pernah pakai fb ads untuk cari target market lebih luas

      BalasHapus
    17. Media besutan mark ini paling puas deh sebagai media untuk promosi, free juga. Bahkan WA bussiness lebih friendly untuk jualan

      BalasHapus
    18. Pemasaran online ternyata visa dilakuin dengan mudah ya. Termasuk dengan pemanfaatan media sosial seperti instagram. Efektif!

      BalasHapus
    19. Wah setuju kang...barang2 ukm bisa dipromosikan juga dengan blogger untuk membangun awareness kpd masyarakat

      BalasHapus
    20. Perkembangan zaman diiringi perkembangan teknologi, membuat kita harus ikut menyesuaikan ya, Mas. termasuk soal pemasaran Online juga. Apalagi media yang bisa dgunakan sangat banyak. jadi sangat bisa meningkatkan penjualan.

      BalasHapus
    21. Iya nih promosi di sosial media itu penting banget, ternyata di via digital juga ada tekniknya ya. Agar hasilnya maksmimal. wah terimakasih ni kak

      BalasHapus
    22. Media sosial itu penting bagi pemilk usaha karena berkaitan dengan pemasaran. Meski mereka punya toko luring (luar jaringan/offline) yang sudah mapan, tetap butuh media sosial demi mengenalkan kepada pelanggannya tentang produk terbaru atau sekadar cara untuk berinteraksi dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

      Bagi pemilik usaha yang baru punya akun Instagram barangkali perlu ikut acara follow loop Indonesia Saling Follow agar bisa fokus pada kehidupan nyata dan tidak pusing cari teman saling follow, he he.

      BalasHapus
    23. Klo tahu strateginya, pemasaran online bisa dilakukan dgn mudah ya kak..
      Bisnis makin berkembang deh

      BalasHapus
    24. asiknya ya jadi blogger karena media yang kita miliki ini jadi ladang yang cucok meong buat para pelaku bisnis promosiin usahanya mas...hihi

      moga makin byk pengusaha yang sadar pentingnya peran promosi di blog ini biar kita juga makin happy, wkwk

      BalasHapus
    25. Setuju banget melalui facebook memang efisien. Sekarang semua orang tua muda punya Fb.

      BalasHapus
    26. Sponsored post dengan paid review kurang lebih sama aja ya mas. Aku optimis sih kalau semua UKM Indonesia go digital, ekonomi Indonesia berangsur emmbaik. Tinggal pelaku UKM mau belajar dan beradaptasi atau gak.

      BalasHapus
    avatar
    Admin Kang Syahri Online
    Selamat datang di Kang Syahri
    Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!