02 December 2018

Mengatasi Pesan Not Found Error 404 di Dasbor Template Blog

Mengatasi Pesan Not Found Error 404 di Dasbor Template Blog

Terdapat pesan Not Found Error 404 di dasbor template blog terjadi tiga hari yang lalu pada blog saya. Awalnya saya pikir hal itu mungkin karena faktor sinyal internet yang tidak bersahabat dan hanya saya sendiri yang mengalaminya. Tahu sendiri kan, Indonesia adalah termasuk salah satu dari 10 negara dengan koneksi internet paling lemot di dunia yaitu dibawah kecepatan 19 persen dibawah 256 kbps.

Dengan kejadian seperti itu saya merasa khawatir dengan blog yang saya kelola tersebut tidak lagi dapat diakses, hilang dari SERP (Search Engine Result Page) atau yang lebih parahnya lagi Akun AdSense saya juga terkena dampaknya, yaitu di banned. Maklum karena saya masih baru di dunia blogger, jadi kekhawatiran itu teramat sangat besar saya rasakan. Selain itu juga kejadian ini saya alami baru pertama kali.
Not Found Error 404 di Dasbor Template Blog
Pesan Not Found Error 404 di Dasbor Template Blog
Meskipun punya kekhawatiran yang besar, awalnya saya cuek saja, yang penting masih tetap bisa edit template dan pada tampilan halaman blog masih rapih seperti semula beserta iklan AdSense pun masih tetap tayang. Tapi meskipun saya cuek, dalam hati saya ada rasa penasaran kenapa tampilannya seperti itu. Berkali-kali saya coba me-refresh halaman dasbor template blog dengan menekan tombol F5 pada keyboard, tapi alhasil tetap saja masih terdapat pesan Not Found Error 404 di dasbor template blog saya.

Baca Juga : Kecewa tiga kali pengajuan PIN AdSense tidak datang, Ini solusinya !

Kemudian saya buka akun google plus dan berkunjung ke komunitas tempat berkumpulnya para Publisher AdSense Indonesia yaitu IAPD (Indonesia Adsense Publisher Discussion) yang dimoderatori oleh Mas Fandi Guritno yang sekarang sudah beranggotakan 102.074 orang. Di komunitas tersebut ada teman sesama anggota melalui postingannya mengeluhkan jika pada blog nya terdapat pesan Not Found Error 404 di dasbor template blog seperti yang saya alami.

Pada postingannya tersebut, saya pun ikut berkomentar karena apa yang dialami oleh Mas Muhamad Intahi sama dengan yang saya alami saat itu. Dari komentar tersebut saya mendapatkan jawaban yang sangat memuaskan dari seorang Bapak yang menurut saya, beliau ahlinya di dunia blogger yaitu Bapak Kandra Wilko yang kalau saya lihat dari profil beliau di google plus beliau adalah pemiliknya dari beberapa blog yang sudah mempunyai banyak pengunjung setia.
Pesan Not Found Error 404 di Dasbor Template Blog
Postingan di Komunitas IAPD
Berdasarkan pengalaman beliau, jika terdapat pesan Not Found Error 404 di dasbor template blog, maka laporkan saja ke google dengan cara klik tombol Feedback (Kirim Masukan) yang berada di pojok kanan bawah yang berwarna orange, kemudian ambil screenshoot-nya dan beri keterangan terdapat Error 404.

Oh iya, ternyata bukan hanya saya sendiri saja yang mengalami hal demikian, pada grup Facebook Blogger Indonesia pun ada teman sesama anggota yang mengalami permasalahan yang sama, Itu berarti tidak hanya saya dan Mas Muhamad Intahi saja yang mengalami hal serupa, tapi ada blogger-blogger yang lain juga. Dalam hati kecil saya bilang, Horeeeee......!!! saya ada temannya lagi. Hehehhehe....

Berdasarkan dari jawaban Pak Kandra Wilko atas pertanyaan dari Mas Muhamad Intahi pada postingannya di grup IAPD, saya pun merasa sedikit lega dari kekhawatiran tersebut. Tanpa berlama-lama saya pun segera mengikuti petunjuk yang sudah Pak Kandra Wilko bagikan. Oleh karena itu melalui artikel pada blog saya ini tidak ada salahnya jika saya bagikan kepada teman-teman semua yang mengalami hal yang sama meskipun permasalahan tersebut tidak berdampak apapun pada blog.

Cara mengatasi pesan Not Found Error 404 di dasbor template blog

Untuk lebih jelasnya akan saya ulas cara melaporkan ke google jika terdapat pesan Not Found Error 404 di dasbor template blog disertai dengan gambar.

1. Klik Kirim Masukan (Feedback) pada halaman dasbor template blog.
Pesan Not Found Error 404 di Dasbor Template Blog
Tombol Feedback
2. Jelaskan masalah yang dialami pada kolom Kirim masukan (Feedback). Kalau saya sendiri dengan menggunakan kalimat "Kolom Edit HTML terdapat pesan Not Found Error 404". Bagi teman-teman silahkan masukan kalimat atau pesan sesuka kalian sesuai dengan permasalahannya, yang penting mudah dipahami oleh google, baik dengan menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

3. Arahkan kursor dan klik pada kolom yang saya tandai dengan angka 3 seperi gambar dibawah ini tepat ditengah-tengahnya untuk menandai atau menyembunyikan info.
Pesan Not Found Error 404 di Dasbor Template Blog
Kolom Feedback
4. Klik tombol yang warna kuning untuk menyoroti masalah atau warna hitam untuk menyembunyikan info sensitif. Pada permasalahan terdapat pesan Not Found Error 404 di dasbor template blog, maka untuk pengambilan gambar sebaiknya pilih tombol yang warna kuning.
Pesan Not Found Error 404 di Dasbor Template Blog
Kolom pilihan warna untuk screenshort
5. Pada gambar dibawah ini yang saya tandai dengan angka 5 adalah hasil dari pengambilan gambar yang menyoroti masalah dengan sisi gambar warna kuning.

6. Langkah yang terakhir yaitu klik tombol kirim untuk melaporkan pada google.
Pesan Not Found Error 404 di Dasbor Template Blog
Kolom screenshort dan tombol kirim
Alhamdulillah setelah saya mengikuti cara tersebut seperti diatas, sekarang tampilan dasbor template blog saya dalam jangka waktu kurang lebih dua hari sudah pulih kembali tanpa ada pesan Not Found Error 404 di dasbor template blog lagi.

Demikianlah cara melaporkan ke google jika terdapat pesan Not Found Error 404 di dasbor template blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat bagi teman-teman blogger semua dan tidak lupa juga saya ucapkan banyak-banyak terimakasih khususnya kepada Bapak Kandra Wilko, Mas Fandi Guritno, Mas Muhamad Intahi dan kepada teman-teman komunitas IAPD umumnya yang selalu memberikan jawaban yang memuaskan atas pertanyaan dari sesama anggota yang mengalami permasalahan, baik itu pada diskusi Blog, AdSense, SEO, Youtube, Domain dan Hosting dan Masalah Perangkat.

This Is The Newest Post

This post have 8 komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon

  1. Ohhh pesan not found itu saya kira karena sinyalnya jelek, ternyata emang ada masalah ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, Tp emang ada masalah pada templatenya

      Delete
  2. Error ini sudah diperbaiki ya? Punyaku alhamdulillah gak muncul error ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah udah dipebaiki, dan sekarang sudah normal lagi

      Delete
  3. Makasih kang nama saya dipromoin. Hehehe... Kejadian 404 di laman edit template ini udah sering saya alami. Dari info yang saya dapat dari beberapa sumber, penyebabnya kemungkinan saat koding kita "menyentuh kode yang ada di server blogger". Blogger seperti yang kita tau bersama tidak memberikan akses ke server mereka. Makanya error 404 muncul. Pas kejadian saya sedang praktekan koding dari ahli xml blogger. Alamatnya bloggercode-blogconnexion.blogspot.com/ disitu ada beberapa asumsi koding yang ada di server. Baru asumsi si soraya, pemilik blog. Cuman pas saya coba pake koding asumsi itu, laman edit html langsung error. Jadi ya hati-hati lagi pas ngoprek template. Hehehe...

    Btw saya ijin pake gambar profil dan ngelink ke sini yak. Buat promosi blog pribadi. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Kandra Wilko,Silahkan dengan senang hati.
      BTW, Saya udah baca Artikel terbaru Pak Kandra. Bagus banget, tp maaf saya belum sempat komentar...

      Delete