14 September 2018

Inilah Alur Pendaftaran Tes CPNS 2018 Oleh Panselnas

Inilah Alur Pendaftaran Tes CPNS 2018 Oleh Panselnas

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah siap dibuka pada 19 September 2018 mendatang. CPNS Tahun 2018 akan dibuka sebanyak 238.015 formasi yang terbagi untuk pusat dan daerah. Namun sebelum anda memastikan untuk mendaftar, ada baiknya anda simak terlebih dahulu alur pendaftarannya agar tidak salah dalam memilih melakukan pendaftaran mulai dari tahap awal pendaftaran hingga akhir. Berikut ini silahkan simak terlebih dahulu bagaimana alur pendaftaran yang nanti akan diikuti oleh calon pelamar. Alur pendaftaran ini diambil dari data Panselnas, inilah alur pendaftaran CPNS 2018 yang telah saya dirangkum:

Sebelum anda memulai pendaftaran, sebaiknya anda membuat akun SSCN terlebih dahulu yang dapat anda akses di laman/portal pendaftaran yakni, https//sscn.bkn.go.id dengan cara : 

Berikut adalah alur pendaftaran Tes CPNS 2018 Oleh Panselnas

Inilah Alur Pendaftaran Tes CPNS 2018 Oleh Panselnas
Alur pendaftaran Tes CPNS 2018

Membuat akun SSCN

  1. Pilih menu registrasi
  2. Isikan data NIK, No KK atau NIK Kepala Keluarga
  3. Masukan alamat e-mail yang aktif disertakan dengan password di akun portal SSCN yang mudah diingat oleh anda sendiri adar nanti pada saat konfirmasi pendaftaran anda dapat membuka email dengan mudah
  4. Masukan CAPTCHA yang diminta. Biasanya Captcha berupa angka dan huruf yang unik.
  5. Unggah foto diri anda dengan ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb.
  6. Setelah langkah-langkah diatas sudah benar diisi dengan teliti, kemudian cetak kartu informasi akun yang sudah anda daftarkan.


Pencetakan Kartu Pendaftaran

  1. Login ke portal dengan menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya
  2. Unggah foto diri pemegang KTP dan kartu (selfie)
  3. Lengkapi biodata pelamar
  4. Pilih instansi, formasi dan jabatan sesuai dengan latar belakang pendidikan
  5. Isi dan lengkapi data pada formulir yang telah disediakan
  6. Unggah dokumen sesuai dengan persyaratan pada instansi yang daftar
  7. Cetak kembali isian yangtelah anda lengkapi pada form resume
  8. Langkah terakhir cetak kartu pendaftaran SSCN 2018



Tahap Verifikasi

  1. Data yang sudah diinput oleh pelamar akan diverifikasi oleh tim verifikator di masing-masing instansi
  2. Berkas atau dokumen yang diunggah/dikirim oleh pelamar akan diperiksa kelengkapan syaratnya
  3. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan Kartu Ujian yang akan digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya


Tahap seleksi akhir melalui Tes CAT

Setelah anda dinyatakan lulus seleksi administrasi dan mendapatkan kartu ujian, langkah berikutnya yaitu anda harus mengetahui jadwal kapan dan dimana lokasi pelaksanaan tes CAT tersebut dilaksanakan. Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi CPNS 2018 di instansi terkait.

Itulah alur pendaftaran Tes CPNS 2018 yang dapat anda pelajari dengan seksama. Semoga apa yang saya bagikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda serta dapat mempermudah anda untuk melewati tahap-tahap pendaftaran tes CPNS tahun 2018 ini.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon