Contoh Adab Yang Baik Seorang Murid Pada Guru

Guru adalah orang yang memberikan pengetahuan sekaligus pendidik akhlak terhadap murid-muridnya, Ia mengajar cara membaca, berhitung, berfikir dan sebagainya. Guru juga mengajarkan nilai-nilai moral dan nilai-nilai akhlak yang tinggi kepada murid-muridnya. Ia tidak hanya memberikan pengetahuan saat di sekolah, tetapi juga memberikan bimbingan saat dibutuhkan diluar sekolah.

Adab Seorang Murid Pada Guru

Adab Yang Baik Seorang Murid Pada Guru 

Adapun contoh adab yang baik seorang murid terhadap guru diantaranya adalah:
  1. Hendaklah merendahkan diri dihadapan guru.
  2. Hendaklah memandang guru dengan penuh rasa ta'zim atau hormat dengan meyakini bahwa gurunya memiliki kelebihan.
  3. Hendaklah jika duduk di hadapan guru dengan sopan, tenang dan mendengarkan serta memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru.
  4. Hendaklah tidak berjalan, duduk atau memulai perkataan sebelum meminta izin kepada guru
  5. Patuh pada perkataan dan perintahnya.

Setiap guru pasti akan mengajarkan kebaikan-kebaikan yang mungkin tidak didapatkan seorang anak dari orang tuanya di rumah. Tanpa pendidikan dan bimbingan seorang guru, bisa jadi kita tidak akan mengetahui segala yang nyata maupun yang tersembunyi di alam semesta ini.

Jasa Guru Tidak Dapat Diukur dengan Materi

Tanpa bimbingannya pula, bisa jadi kita tidak dapat membedakan mana yang benar maupun yang salah, mana yang diperbolehkan dan mana yang dilarang. Jasa seorang guru dalam mendidik dan mencerdaskan murid-muridnya tidaklah dapat diukur dengan materi, Karena jasa para guru lah kita menjadi terpelajar.
Dalam ajaran Islam, guru atau ulama adalah orang yang memiliki pengetahuan luas dibandingkan dengan oarang lain. Ia merupakan pewaris para nabi dalam menyampaikan kebaikan kepada orang lain. 

Allah SWT berfirman yang artinya: "...Diantara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama. Sungguh, Allah Maha Perkasa, Maha Pengampun." (Q.S. Faathir. 35:28

Oleh karena itulah sudah selayaknya seorang murid memperlakukan guru seperti memperlakukan orang tuanya dirumah. Karena jasanya yang sangat besar terhadap murid-muridnya, sudah selayaknya seorang murid menerapkan perilaku atau adab yang baik kepada gurunya
Demikianlah adab seorang murid terhadap gurunya yang semestinya dilaksanakan dengan baik. Janganlah seperti contoh peristiwa yang baru saja terjadi yang menimpa seorang guru yang dibunuh oleh muridnya sendiri yakni Ahmad Budi Cahyono seorang guru seni rupa SMA 1 Tojun, Sampang, Madura atau pembullyan guru oleh murid-muridnya yang sering kita saksikan di media masa maupun media sosial sekarang.

Semoga atas peristiwa tersebut seorang murid harus lebih memiliki adab dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat serta agama.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!