19 March 2018

Mengenal Gejal-Gejala Penyakit ISPA

Mengenal Gejal-Gejala Penyakit ISPA

Infeksi Saluran Pernapasan Akut, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ISPA adalah suatu penyakit yang diakibatkan karena menurunnya kekebalan tubuh. ISPA ini hampir sama dengan influenza yang sering menjangkit disaat adanya perubahan suhu yang ekstrim terutama pada masa pancaroba. Virus pun juga turut berperan penyebab ISPA. 

Ada kurang lebih 200 virus yang yang dapat menyebabkan ISPA, namun virus rinovirus lah yang paling sering menyerang. Selain itu virus parainfluenza, coronavirus, adenovirus dan juga enterovirus pun tidak kalah ganasnya. Selain virus, bakteri pun dapat sebagai penyebab ISPA yang kebanyakan berasal dari jenis bakteri Satafilokokus, Streptokokus dan Pneumokokus.

Gejala Penyakit ISPA
Penyakit ISPA

Kategori penyakit ISPA

ISPA terbagi dalam tiga kategori, yaitu ringan, sedang dan berat. Batuk, suara sesak, hidung berlendir (beringus) dan demam (suhu badan meningkat tidak seperti biasanya) termasuk kedalam kategori ISPA ringan. 

Sedangkan gejala ISPA pada karegori sedang biasanya ditandai dengan demam tinggi, yang kadang bisa mencapai 39 derajat celcius, tenggorokan merah, kulit terdapat bercak-bercak berwarna merah menyerupai campak, telinga terasa sakit dan kadang mengeluarkan darah serta pernafasan berbunyi mendecit. Pada ISPA berat, biasanya gejala yang ditimbulkan berupa bibir dan kulit mulai membiru, gelisah, tingkat kesadaran menurun dan bunyi pernafasan keras

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon