19 March 2018

Jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung

Jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung

Kali ini saya akan berbagi bagaiman acaranya agar jantung kita lebih sehat dengan cara melakukan beberapa hal yang perlu anda lakukan di sela-sela kesibukan anda sehari-hari. 

Untuk menjadi sehat tidaklah perlu menjadi seorang atlet. Dengan membiasakan diri berjalan cepat kurang lebih setengah jam sehari pun akan menjadikan tubuh menjadi sehat. Kondisi tubuh yang bugar menjadikan badan lebih sehat dan memiliki lebih banyak waktu untuk bekerja, beraktivitas dan bersenang-senang. 

Meningkatkan kebugaran juga sangat baik untuk anggota tubuh kita terutama jantung, paru-paru, tulang dan persendian. Dengan tubuh yang bugar pun dapat menurunkan resiko serangan jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan beberapa jenis kanker. Dengan berolahraga rutin akan dapat membantu tubuh mengendalikan berbagai masalah kesehatan tersebut hingga lebih baik.


Jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung

Dengan melakukan senam aerobik juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh kita. Manfaat aerobik untuk kebugaran tubuh tergantung pada seberapa baik tubuh menggunakan oksigen. Manfaat ini tergantung pada kondisi jantung, paru-paru dan otot. Setiap aktivitas tubuh yang dapat membuat kerja jantung berdetak lebih cepat dapat meningkatkan kebugaran. Kebugaran yang didapatkan dari rutin berlatih aerobik ini disebut Kardio. Kardio yaitu singkatan dari latihan Kardiovaskular, yakni setiap latihan yang dapat membuat jantung bekerja lebih keras untuk sementara waktu. Latihan ini termasuk bersepeda, jogging atau berenang.
1.  Membiasakan diri melakukan aktivitas  aerobik dalam tahap sedang selama minimal 150 menit setiap minggu. Aktifitas ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yang disukai misalkan dengan berjalan rutin dengan variasi waktu sebagai berikut :
·         Berjalan kaki selama 45 menit setiap hari
·        Berjalan kaki selama 11 menit dua kali sehari secara rutin atau 22 menit sekali setiap hari
·    Berjalan-jalan setengah jam 3 hari dalam seminggu dan pada 4 hari sisanya diisi dengan 15 menit berjalan kaki.

2.  Lakukan aktivitas yang lebih berat seperti berlari minimal 75 menit dalam seminggu. Kegiatan seperti ini dapat menjadikan nafas lebih lega dan detak jantung lebih cepat dari pada saat beristirahat. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan berlari selama 25 menit 3 kali seminggu atau selama 15 menit dalam waktu 5 kali seminggu.

Pada anak-anak pun lebih banyak membutuhkan aktivitas. Doronglah agar anak-anak berusia antara 6-17 tahun agar mau berlatih dan melalukan olahraga dalam taraf sedang hingga berat minimal 1 jam setiap hari. Salah satu cara untuk mengetahui seberapa banyak olahraga yang dilakukan adalah dengan mengukur tingkat detak jantung. Detak jantung yang aktif tidak hanya membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, tetapi juga membantu tubuh kita lebih fit.

Demikian semoga bermanfaat dan tubuh kita lebih sehat. Karena menurut pepatah lama dikatakan didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon