19 March 2018

Gangguan kesehatan mata yang sering terjadi pada kita

Gangguan kesehatan mata yang sering terjadi pada kita

Tahukah Anda, sedikitnya terdapat 4 macam gangguan kesehatan mata yang sering terjadi. gangguan penglihatan merupakan suatu kelainan yang pasti suatu saat muncul dalam kehidupan seseorang. Entah gangguan yang terjadi pada masa muda ataupun masa tua. Mata merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh kita oleh karena itu menjaga kesehatan mata merupakan hal yang sangat penting. Berikut beberapa penyakit mata yang sering terjadi pada seseorang:

Gangguan kesehatan mata yang sering terjadi pada kita
Katarak ditandai dengan adanya kerusakan pada lensa mata, kebanyakan kasus katarak dihubungkan dengan usia dan sering terjadi pada orang-orang pada usia 50 tahun atau lebih. Katarak disebabkan oleh adanya trauma atau hilangnya protein di dalam mata yang menyebabkan kekeruhan pada lensa. Apabila tidak diobati katarakn dapat menyebabkan kebutaaan. Namun kabar baiknya adalah katarak merupakan penyakit yang sering terjadi jadi mudah diobati dengan operasi. 

GLAUKOMA
Kondisi ini mengakibatkan kerusakan pada saraf mata dan dapat menyebabkan kerusakan semakin berat. Glaukoma biasanya tidak menimbulkan gejala atau hanya menimbulkan gejala yang sedikit. Pada beberap kasus penyakit ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan dalam bola mata. Bila tidak diobati glaukoma dapat menyebabkan hilangnya penglihatan. Saat terditeksi glaukoma harus segera diobati. 

RETINOPATI DIABETS
Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh kondisi diabetes yang menyebabkan kerusakan pada retina mata. Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan berat pada struktur mata, yang paling sering terjadi adalah pendarahan intra-okular, robek atau penyumbatan pembuluh darah kecil.

GANGGUAN REFRAKSI
Menurut the National Eye Institute, gangguan refraksi merupakan kondisi mata yang paling sering terjadi. Refraksi merupakan suatu proses penyampaian cahaya ke dalam mata melalui kornea dan lensa. Beberapa penyebab kelainan refraksi adalah perubahan jarak bola mata, perubahan bentuk kornea atau proses penuaan yang terjadi pada lensa.

Beberapa kelainan refraksi yang dapat muncul adalah miopia, hipermetropia, dan astigmatisme. Pada orang yang lebih tua, kondisi yang terkait dengan proses penuaan dinamakan presbiopia, yaitu proses pengerasan lensa mata yang terjadi biasanya diatas usia 40 tahun.

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon