Cara Verval (Verifikasi dan Validasi) Data PIP

Pemerintah melalui Surat Edaran Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dengan Nomor 272.1/D2/TU/2017 pertanggal 14 Desember 2017 perihal verifikasi dan validasi data Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2017, bahwa Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyalurkan sebesar 10.362.746 siswa penerima PIP  di 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Cara Verval (Verifikasi dan Validasi) Data PIP

Oleh karenanya, Pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar telah menginstruksikan kepada seluruh Operator Sekolah Dasar agar memvalidasi data siswa penerima PIP yang sudah di SK kan agar memvalidasi kembali siswa yang masih layak/tidak layak di SK kan di tahun anggaran berikutnya.

Operator Sekolah diharapkan untuk segara memvalidasi data PIP tersebut melalui laman http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/index.php/Auth dengan menggunakan Username dan Password yang digunakan pada Login Dapodik.

Langkah-Langkahnya Verval Data PIP

  • Klik laman http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/
Cara Verval (Verifikasi dan Validasi) Data PIP
  • Kemudian login dengan menggunakan Username dan Pasword Dapodik
  • Pada tampilan Dasbor, klik Menu Validasi Data dan pilih nama siswa yang masih layak untuk mendapatkan PIP, dan bagi siswa yang sudah tidak layak maka segara Update Statusnya menjadi Tidak Layak dengan cara memberikan pilihan Alasan Tidak Layaknya dan klik Aksi ubah jadi tidak.
    Cara Verval (Verifikasi dan Validasi) Data PIP
  • Jika terdapat kesalahan pada saat merubah status/pembatalan siswa, maka dapat dilakukan dengan cara Refresh (F5)/Reload halaman kemudian ajukan kembali sebagai siswa yang layak mendapat PIP
Baca juga :
Selain langkah-langkah proses verifikasi dan validasi data tersebut, kita juga dapat mengetahui seluruh siswa yang mendapatkan SK pertahap atau pun keseluruhan dengan cara mendownload filenya yang berformat Exel dengan cara klik Menu Download Data

Cara Verval (Verifikasi dan Validasi) Data PIP

Demikian langkah-langkah untuk verval data PIP serta mendownload daftar siswa penerima PIP yang telah di SK kan pertahap dan keseluruhan yang sudah dicairkan atau pun belum dicairkan.

Semoga informasi ini bermanfaat buat teman-teman operator sekolah semuanya.
Salam Operator Sekolah, Salam Satu Data..

( Sumber : Laman PIP SD, http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/ )

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!